10 Rekomendasi Toko Alat Kesehatan Jogja Terbaik

toko alat kesehatan jogja

Apakah kamu sedang mencari referensi toko alat kesehatan Jogja? Jika iya maka berkunjung pada laman ini adalah pilihan yang tepat. Seperti yang kita ketahui, bahwa akhir-akir ini beberapa alat kesehatan merupakan barang penting yang harus kita miliki di rumah untuk selalu memantau kesehatan setiap harinya. Banyaknya kasus covid-19 membuat kita harus memperhatikan kesehatan dengan saksama.

Pemantauan kesehatan tidak hanya dilakukan dengan memantau keadaan fisik saja tetapi bisa juga melakukan kegiatan pengecekan rutin mandiri menggunakan alat kesehatan yang dimiliki di rumah. Alat kesehatan merupakan alat yang digunakan untuk mengenali, memeriksa, mendiagnosis sesuatu penyakit ataupun keadaan seorang.

Alat kesehatan terdiri dari berbagai macam. Beberapa diantaranya yang sering kita jumpai dan bisa kita miliki di rumah adalah termometer, tensimeter, timbangan, pengukur lingkar pinggang, perlengkapan P3K, inhaler, serta penguji gula darah.

Rekomendasi Toko Alat Kesehatan Jogja

toko alat kesehatan jogja

Abmed Store Wahidin Yogyakarta 2

Berlokasi di Jl. Dr. Wahidin Sudirohusodo No.34, Klitren, Gondokusuman, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta, toko alat kesehatan Jogja satu ini menyediakan berbagai alat kesehatan sesuai kebutuhan kamu. Untuk informasi lebih lanjut atau melakukan pemesanan alat kesehatan bisa menghubungi nomor telepon berikut (0274) 585158.

Kafa Medika

Selanjutnya ada Kafa Medika yang terletak di Jl. Magelang No.KM. 14, Panggeran 8, Triharjo, Kec. Sleman, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Nomor telepon yang dapat dihubungi adalah 0856 0832 4337. Kafa medika menawarkan fasilitas menarik yaitu alat-alat kesehatan yang bergaransi, selain itu kafa medika juga menyediakan pelayanan service and maintenance alat-alat kesehatan. Melayani pembelian grosir maupun ecer. Kafa medika tutup pada pukul 17.00.

Medicalogy Jogja

Toko alat kesehatan Medicalogy beralamat di Jl. Affandi Soropadan No. 11, Soropadan, Condongcatur, Kec. Depok, Kab. Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Menjual alat kesehatan yang cukup lengkap dan juga melayani pembelian online via whatsapp melalui nomor telepon 0897 2301 100. Untuk kamu yang ingin berbelanja alat kesehatan disini, pastikan untuk berkunjung sebelum sore ya, karena toko tutup pukul 17.00.

Sumbermas Medika

Rekomendasi selanjutnya adalah toko kesehatan yang terletak di Jl. Prof. Yohanes, No. 54, Sagan, Samirono, Caturtunggal, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Pastikan kamu berbelanja langsung di tokonya ya, karena sumbermas medika tidak melayani transaksi melalui instagram, facebook, atau sosial media lainnya. Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi nomor  (0274) 520752 atau nomor whatsapp 0877 3910 8859. Sumbermas medika tutup pukul 17.30.

Toko Alat Kesehatan Jogja Medula

Berlokasi strategis di Jl. HOS Cokroaminoto No. 96B, Tegalrejo, Kec. Tegalrejo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta. Toko ini menjual berbagai alat kesehatan yang cukup lengkap. Untuk informasi lebih lengkap dapat menghubungi nomor berikut 0274 619705. Toko medula tutup pukul 17.00.

Abmed Store Poncowinatan Yogyakarta 1

Toko alat kesehatan Abmed yang sudah memiliki beberapa cabang ini terletak di Jl. Poncowinatan No.84 A, Cokrodiningratan, Jetis, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta. Nomor telepon yang dapat dihubungi adalah (0274) 5571547

Baca Juga : Rekomendasi Jasa Foto Produk Jogja

Toko Alat Kesehatan Jogja Via Medica

Berlokasi Jl. Ringroad Barat No.3, Nogotirto, Gamping, Nogosaren, Nogotirto, Gamping, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, toko alat kesehatan Jogja Via medika  buka sampai pukul 18.00. Nomor telepon yang dapat kamu hubungi adalah 0821 3855 5590.

Alkes Jogja

Rekomendasi selanjutnya ada di Jl. Parangtritis RW 05, Pandes, Panggungharjo, Sewon, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Selain menyediakan alat kesehatan yang bisa langsung kamu beli di toko, kamu juga bisa mengunjungi www.alatkesehatanjogja.com untuk berbelanja secara online. Kamu juga bisa mengecek ketersediaan alat kesehatan yang kamu butuhkan saat melihat toko online mereka. Kamu juga bisa menghubungi nomor telepon 0812 2700 0913.

Pharmacy & Health Equipment Hans Farma

Beralamat di Jalan Suryatmajan No.63, Suryatmajan, Danurejan, Suryatmajan, Danurejan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta. Tidak hanya menyediakan alat kesehatan, tetapi kamu juga bisa membeli obat-obatan yang kamu butuhkan disini. Lengkap dan praktis bukan? Kamu tidak perlu membeli obat dan alat kesehatan di toko yang berbeda, terlebih Pharmacy & Health Equipment Hans Farma buka sampai pukul 22.00 lho. Kamu juga bisa menghubungi nomor (0274) 588777 untuk mendapatkan informasi lebih lengkap.

Belva Medika

Belva medika menjadi rekomendasi toko alat kesehatan Jogja yang terakhir, lokasinya sangat mudah untuk dikunjungi yaitu di Jl. Janti No.297, Modalan, Banguntapan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Apabila kamu memerlukan informasi lebih lengkap dapat menghubungi nomor berikut ini 0813-9039-0463.

Baca Juga : 12 Les Privat Jogja Terbaik 

Tips Merawat dan Menyimpan Alat Kesehatan

Selain rekomendasi 10 toko alat kesehatan jogja, berikut adalah beberapa tips perawatan dan penyimpanan berbagai alat kesehatan, terutama alat-alat kesehatan yang biasanya ada di rumah:

Termometer

  • Termometer hendaknya di simpan di tempat dengan suhu stabil dan jauh dari jangkauan anak-anak.
  • Untuk Termometer yang telah digunakan hendaknya di lap menggunakan kain bersih.
  • Hindari membersihkan termometer dengan merendamnya pada larutan air maupun alkohol.
  • Hindari memakai digital washer untuk membersihkan termometer.
  • Simpan termometer dalam keadaan kering

Tensimeter

  • Simpanlah tensimeter pada suhu ruangan yang stabil.
  • Memantau baterai pada tensimeter digital.
  • Menjauhkan tensimeter dari berbagai cairan yang dapat membuat korosi.
  • Simpan di tempat yang benar untuk mencegah tensimeter jatuh agar hasil pengukurannya tetap akurat.

Kotak P3K

Kotak P3K menyimpan berbagai macam perlengkapan mulai dari perban, kain kasa, plester, pinset, dan juga beberapa obat obatan seperti obat merah, salep, obat tablet. Beberapa tips menyimpanan yang benar adalah:

  • Menyimpan obat-obatan yang bersifat cair dengan memeriksa semua tutupnya sampai tertutup rapat dan sempurna.
  • Melakukan pengecekan terhadap tanggal kadaluarsa obat minum.
  • Mengelompokkan plester, kasa, perban dan kain menjadi satu agar mempermudah dalam penggunaanya.
  • Jauhkan dari jangkauan anak-anak.

Inhaler

  • Selalu menjaga kebersihan inhaler dengan meletakkan di tempat yang steril.
  • Memastikan tidak ada benda yang tersumbat di dalam setelah penggunaan inhaler.
  • Saat membersihkan inhaler, dapat menggunakan air hangat pada bagian mouthpiece.
  • Jangan membilas bagian lainnya

Baca Juga : Tempat Makan Jogja Termurah

Tips Memilih dan Membeli Alat Kesehatan

Membeli alat kesehatan sesuai kebutuhan

Pada kondisi pandemi saat ini, menentukan prioritas dalam membeli alat kesehatan serta obat-obatan menjadi hal yang sangat penting. Jangan sampai kamu melakukan panic buying dikarenakan beberapa kebutuhan yang sebenarnya tidak terlalu dibutuhkan. Prioritas ini juga akan membantu orang lain untuk mendapatkan kebutuhan alat kesehatan yang mereka butuhkan saat keadaan mendesak.

Memilih toko alat kesehatan yang bersih dan higienis

Alat-alat kesehatan merupakan alat yang biasanya langsung bersinggungan dengan tubuh kita. Maka dari itu kebersihan menjadi hal penting yang harus diperhatikan ketika kita membeli alat-alat kesehatan. Kebersihan toko adalah salah satu hal yang paling mudah untuk diperhatikan. Selain itu juga harus dilakukan pengecekan kondisi alat sebelum memutuskan untuk membawa pulang.

Mempertimbangkan toko yang menyediakan garansi

Layaknya barang elektronik, beberapa alat kesehatan memerlukan baterai, juga penggunaan khusu. Oleh karena itu akan lebih baik apabila kamu memilih toko alat kesehatan yang menyediakan garansi untuk kerusakan ataupun ketidak sesuaian fungsi alat kesehatan yang kamu beli. Jangan sampai baru digunakan sekali, alat kesehatan yang baru kamu beli mengalami masalah sehingga sudah tidak dapat digunakan kembali. Sehingga kamu harus membeli alat kesehatan yang baru. Hal ini hanya berlaku pada alat-alat kesehatan yang bisa digunakan dalam jangka waktu panjang ya, bukan yang sifatnya sekali pakai.

Mempertimbangkan standar dan reputasi merek

Ada berbagai merek alat kesehatan yang di jual di pasaran, apabila kamu tidak memiliki cukup pengetahuan akan berbagai merek yang ada, kamu bisa bertanya dan meminya rekomendasi pada penjual. Atau kamu juga bisa melakukan research mandiri terhadap beberapa alat kesehatan beserta mereknya juga harganya. Ada banyak review yang bisa kamu temukan di intrnet untuk membantu kamu memutuskan merek apa yang akan kamu beli.

Mengecek kelengkapan alat kesehatan

Beberapa alat kesehatan memiliki rangkaian yang terkadang dijual secara terpisah. Ada baiknya kamu mengecek apakah barang yang akan kamu beli sudah lengkap atau kelengkapan lainnya djual secara terpisah. Jika kamu tidak mengetahuinya, lebih baik agar bertanya kepada penjual. Bisa juga melakukan pengecekan pada kardus dengan membaca saksama isi dari barang yang akan kamu beli.

Sesuaikan dengan budget yang dimiliki

Dalam membeli alat kesehatan, kualitas tentu yang utama. Akan tetapi untuk beberapa barang yang memiliki fungsi yang sama kamu bisa memilih alat kesehatan dengan mempertimbangkan budget yang kamu miliki. Alangkah baiknya apabila kamu melakukan pengecekan harga melalui internet, atau melakukan survey ke beberapa toko untuk mempertimbangkan harga yang paling sesuai dengan budget yang kamu miliki.

Membeli alat kesehatan yang baru

Ada berbagai macam alat kesehatan dari mulai alat kesehatan baru, alat kesehata bekas, alat kesehatan habis pakai, sampai alat kesehatan yang dapat dipakai berulang-ulang. Akan lebih baik untuk membeli alat kesehatan yang baru dari dari pada membeli alat kesehatan bekas. Alasannya adalah dari segi kehigienisan dan juga dari segi kenyamanan. Dikhawatirkan bahwa alat kesehatan bekas lebih berpotensi untuk cepat rusak.

Baca Juga : 10 Toko Alat Kesehatan Surabaya

Meminta penjelasan tentang cara penggunaan

Tidak semua orang memiliki pengetahuan tentang penggunaan alat kesehatan. Beberapa alat kesehatan memiliki informasi penggunaan pada kotaknya atau ada lembar informasi yang memberikan cukup informasi pengenai suatu produk tertentu. Tapi tidak ada salahnya apabila kamu meminta penjelasan dan bertanya mengenai penggunaan, perawatan, serta penyimpanan alat kesehatan yang hendak kamu beli untuk meminimalkan kerusakan pada alat.

Sangat lengkap bukan informasi yang disediakan? Dari mulai rekomendasi beberapa alat kesehatan yang ada di Yogyakarta, Beberapa cara penyimpanan alat-alat kesehatan yang biasanya ada di rumah, sampai tips membeli dan memilih alat kesehatan.

Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan membantu kamu dalam memembeli berbagai alat kesehatan ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *