Bisnis  

4 Strategi Konten Marketing Terbaik

Strategi Konten Marketing

Strategi konten marketing saat ini sangat penting dalam menjalankan bisnis. Hal ini karena saat ini pengguna pasar digital semakin banyak. Sehingga untuk menarik perhatian konsumen, perlu membuat konten sebagai penarik minat konsumen.

Saat ini dunia bisnis mengalami kemajuan yang sangat pesat hingga merambah ke dunia teknologi informasi. Dengan begitu, mau atau tidak para pelaku bisnis harus mulai beradaptasi dengan kemajuan yang ada. Salah satunya yaitu dengan memanfaatkan internet dalam mempromosikan bisnis.

Mengenal Konten Marketing

strategi konten marketing

Content marketing merupakan salah satu strategi dalam pemasaran bisnis yang dikemas dalam bentuk konten. Konten yang dibuat khusus membahas bisnis yang Anda miliki secara jelas dan informatif. Bagaimana manfaatnya dalam promosi bisnis?

Manfaat content marketing dalam dunia bisnis tentu lumayan banyak. Setidaknya, konten marketing dalam promosi bisnis harus memenuhi tiga syarat, yaitu penting, relevan, dan konsisten, sehingga konten tersebut dapat mengundang pengunjung.

Dengan konten yang memenuhi syarat tersebut, pengunjung akan dengan senang hati membagikannya kepada pengguna internet yang lain. Dengan begitu, akan semakin banyak orang yang melihat konten marketing Anda dan tidak menutup kemungkinan mereka akan menggunakan jasa atau produk yang Anda tawarkan.

4 Strategi Konten Marketing

1. Tentukan Tujuan Konten

Hal pertama yang harus Anda lakukan saat akan membuat konten marketing yaitu dengan menentukan tujuan dari konten tersebut. Hal ini bertujuan agar konten yang dibuat lebih jelas arahnya kemana dan tidak terlalu melebar kemana-mana.

Tentukan apakah konten yang akan Anda buat ini bertujuan untuk pengenalan brand, pengenalan produk, atau mungkin untuk tujuan yang lainnya. Sehingga hasil konten yang dibuat akan lebih maksimal.

Jika konten bertujuan untuk pengenalan brand atau perusahaan, maka konten yang dibuat berisi pengenalan perusahaan, seperti latar belakang, lokasi perusahaan, produk atau jasa apa yang akan dipasarkan, atau bisa jadi asal-usul dari penamaan perusahaan.

Jika konten yang dibuat bertujuan untuk pengenalan produk atau jasa, maka isi dari konten tersebut membuat deskripsi dari produk atau jasa yang ditawarkan secara detail. Anda juga bisa langsung mencantumkan harga pada konten produk ini.

2. Melakukan Riset Buyer Persona

Strategi konten marketing berikutnya yaitu dengan melakukan riset buyer persona. Buyer persona merupakan gambaran dari hasil proses pengidentifikasian target audiens atau calon konsuen dari data-data yang didapatkan dari konsumen itu sendiri.

Ada berbagai cara untuk melakukannya. Anda bisa menyebar kuesioner, menggunakan lembaga survey pelanggan, bekerja sama dengan brand consultan atau digital marketing dari salah satu digital agency yang saat ini sudah banyak di Indonesia.

Agar lebih mudah dan akurat, Anda bisa memilih melakukan riset dengan bantuan digital agency. Saat ini digital agency di Indonesia dapat Anda temukan dengan mudah melalui internet. Jangan lupa untuk memilih agensi yang dapat memenuhi kebutuhan Anda.

3. Pilih Platform yang Tepat

Selain membuat konten yang menarik, Strategi konten marketing yang tidak kalah penting yaitu pemilihan platform yang tepat untuk menyebarluaskan konten. Karena, saat ini ada berbagai macam platform yang bisa Anda gunakan untuk menyebar umpan marketing.

Bahkan, saat ini sosial media juga bisa dijadikan sebagai media untuk melakukan promosi konten marketing. Anda bisa memposting konten yang telah Anda buat pada jam warga sosial media produktif di internet. Karena pada jam tersebut konten Anda akan dijumpai lebih banyak audiens.

Selain melalui sosial media, Anda juga dapat menggunakan bantuan dari Google Ads, SEM, SEO, atau tools iklan yang lainnya. Anda bisa memilih salah satu yang sesuai dengan jenis konten yang Anda buat.

4. Buat Konten yang Spesifik

Strategi konten marketing yang terakhir yaitu dengan membuat konten yang spesifik. Maksudnya adalah sebaiknya Anda membagi konten menjadi 3 jenis, yaitu pengenalan, konten branding, dan konten yang berisi ajakan pada pelanggan untuk melakukan transaksi.

Isi dari konten pengenalan yaitu Anda bisa menjelaskan apa, siapa, dan bagaimana Anda bisa menjadi solusi bagi kebutuhan pelanggan. Pada konten ini Anda juga bisa membahas hal mendasar yang biasanya memberikan pengaruh dalam kehidupan manusia sehari-hari, solusi atas hal tersebut, dan tips-tips mendukung lainnya.

Selanjutnya jika Anda membuat konten branding, Anda bisa mulai menjelaskan usaha apa yang Anda jalankan dan bagaimana usaha tersebut dapat menjadi solusi bagi kebutuhan pelanggan.

Pada konten penjualan, Anda bisa memberitahukan produk atau jasa apa yang Anda tawarkan dan bagaimana produk atau jasa tersebut bisa menjadi solusi bagi kebutuhan pelanggan.

Misalnya, Anda menawarkan produk masker. Anda bisa mulai menjelaskan apa kelebihan dari masker yang Anda jual sehingga bisa memenuhi kebutuhan pelanggan. Seperti materialnya dipilih dari yang terbaik, memiliki banyak pilihan warna dan motif, memiliki pilihan size, dan lain sebagainya.

Dengan beberapa strategi konten marketing tersebut, Anda bisa menghasilkan konten yang lebih menarik. Sehingga dapat mengundang minat dari banyak pelanggan. Semoga berhasil!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *