3 Cara Membuat Mie Ayam Yang Mudah, Enak dan Lezat!

cara membuat mie ayam

Hallo Bunda, bagaimana kabar keluarga hari ini? Semoga selalu dalam keadaan sehat dan bahagia meski ada di masa pandemi ya Bunda. Kali ini kami akan memberikan informasi resep yang abru untuk Bunda loh. Resep yang akan kami sajikan adalah mengenai cara membuat mie ayam mulai dari mie ayam Solo, mie ayam wonogiri, mie ayam Jakarta hingga mie ayam Goreng atau Miyago. Nah, bunda sudah penasaran dengan cara membuatnya? Yuk langsung saja simak ulasan berikut ya bunda!

Mengenal Apa Itu Mie Ayam

Makanan bernama mie ayam ini bisa dikatakan sebagai salah satu jenis jajanan kaki lima yang sangat di gemari oleh berbagai kalangan. Setiap daerah memiliki ke khasan tersendiri dalam cara membuat mie ayam. Jika anda adalah salah satu pecinta mie ayam, anda bisa membuatnya sendiri di rumah loh. Pasti keluarga akan semakin senang dengan Mie Ayam buatan Bunda.

1. Cara Membuat Mie Ayam Solo

Resep yang kami berikan pertama untuk bunda adalah cara membuat mi ayam Solo. Perbedaan jenis mie ayam yang satu ini dengan yang lain adalah terletak pada bumbunya yang banyak terutama di ayam kecapnya. Rempah-rempah yang digunakan juga cukup banyak diantaranya ialah kunyit, jahe, kemiri hingga ketumbar. Yuk langsung saja simak bahan-bahan yang diperlukan serta langkah-langkahnya berikut ini:

Bahan yang diperlukan

Bahan Utama

  1. Mie telur atau mie basah 500 gram
  2. Daging ayam yang di rebus serta dipotong kotak sebanyak 250 gram
  3. Kecap asin 100 ml
  4. 10 ml kecap manis
  5. Kecap Inggris 15 ml
  6. Daun bawang 2 batang di iris halus
  7. Sawi hijau atau caisim 1 ikat, di potong ukuran 5 cm

Bumbu

  1. Bawang merah 5 butir
  2. 3 siung bawang putih
  3. Ketumbar bubuk 1 sendok
  4. Kunyit 1 ruas
  5. Jahe 1 ruas
  6. Kemiri 3 butir
  7. Secukupnya gula pasir

Minyak Ayam

  1. Minyak sayur sebanyak 100 ml
  2. Kulit serta lemak ayam 50 gram
  3. Bawang putih 3 siung di cincang halus

Kaldu

  1. Air 2000 ml
  2. Tulang ayam 200 gram
  3. Merica bubuk ½ sendok teh
  4. Garam secukupnya

Bahan Pelengkap

  1. Bawang goreng secukupnya
  2. Bawang daun yang di iris secukupnya

Langkah Pembuatan

  1. Langkah pertama yang perlu disiapkan adalah kaldu ayam ya Bunda. Bunda bisa merebus tulang ayam serta daging ayam sebanyak 250 gram yang akan dipakai untuk mie menggunakan air sebanyak 2000 ml air. Jangan lupa untuk menambahkan merica serta garam ya bunda. Masaklah hingga mendidih serta ayamnya matang.
  2. Selanjutnya ambillah daging ayam rebus yang akan digunakan untuk mie kemudian potonglah dengan bentuk dadu.
  3. Kemudian bunda sudah bisa menghaluskan seluruh bahan yang digunakan untuk bumbu. Apabila sudah halus maka bunda bisa memanaskan minyak goreng sedikit dan tumislah bumbu hingga muncul bau harum.
  4. Masukkanlah daging ayam yang sebelumnya sudah di rebus serta sudah di potong dengan bentuk dadu. Lanjutkan dengan membuinya menggunakan gula pasir secukupnya.
  5. Langkah selanjutnya adalah langkah untuk membuat minyak ayam. Siapkan wajan dan tuangkanlah minyak sayur. Kemudian masukkanlah kulit serta lemak ayam. Gunakanlah api dengan ukuran kecil untuk memasaknya hingga kulit serta lemak dari ayam tersebut mongering. Selanjutnya angkatlah dari penggorengan dan masukkan bawang putih yang sudah dicincang. Bawang putih bisa anda masak dengan garing. Minyak ayam sudah siap untuk di gunakan.
  6. Kemudian anda bisa mulai merebus mie telur atau mie basah yang sudah anda siapkan bersama dengan sawi. Jika sudah matang, tiriskanlah.
  7. Selanjutnya memasuki langkah penyajian. Siapkanlah mangkuk saji dan masukkanlah 1 sendok minyak ayam. Aduklah sawi hijau serta mie yang sudah di rebus di dalam mangkuk bersama minyak ayam. Kemudian masukkan sedikit rebusan kaldu ke dalam mangkuk.
  8. Lalu masukkan tumisan ayam di atas mie sesuai selera. Tahap akhirnya masukkanlah bawang goreng serta irisan daun bawang.
  9. Jangan lupa untuk menyajikan mie Solo ini ketika masih hangat ya bunda agar semakin nikmat ketika di makan. Siapkan pula bumbu pelengkap lainnya seperti sambal, saus sambal, saus tomat serta kecap.

Baca Juga : Cara Menanam Cabe

2. Cara Membuat Mie Ayam Wonogiri

Masih berkutat di Jawa Tengah, Kabupaten Wonogiri juga terkenal akan Mie Ayamnya yang sudah meng-Indonesia. Adapun keunikan dari mie ayam wonogiri adalah terletak pada bumbunya yang unik dan rasa yang khas. Perpaduan antara rempah serta topping ayamnya sangat menggiurkan dan membuat lidah semakin ngiler ketika melihatnya. Jika pada mie ayam biasa topping ayam yang digunakan hanya dibumbui dengan kecap, merica serta bawang putih maka hal ini tidak berlaku di Wonogiri. Topping ayam yang digunakan oleh masyarakat Wonogiri ditambahkan dengan ketumbar serta kunyit sehingga rempah-rempahnya lebih terasa.

Mie ayam Wonogiri biasanya disajikan menggunakan pangsit goreng atau rebus, ada pula yang menggunakan bakso dan yang paling tidak ketinggalan adalah potongan sawi hijau yang selalu ada di setiap mie ayam. Berikut ini kami sajikan resep serta cara membuat mie ayam Wonogiri yang mudah. Yuk Bunda, perhatikan dan praktikkan di rumah ya!

Bahan Untuk 3 Porsi

  1. Mie telur basah 500 gram
  2. Minyak sayur 2 sdm
  3. Kecap asin 1 sdm
  4. Merica bubuk ½ sdt
  5. Bumbu Topping: minyak sayur 2 sdm, daging ayam 250 gram di potong kecil-kecil, kecap manis 2 sdm, air 100 ml dan kaldu ayam 1 sdm
  6. Bumbu Halus: Bawang putih 3 siung, kemiri 2 butir, kunyit 1 cm, ketumbar ¼ sdt, merica butir ½ sdt dan garam 1 sdt
  7. Sebagai pelengkap bunda bisa menyiapkan sawi hijau yang sudah di potong dan di rebus, bakso sapi, bawang merah serta daun bawang yang sudah di goreng dan kaldu ayam

Baca Juga : Cara Membuat Bakso

Langkah Pembuatan

  1. Pertama bunda bisa mendidihkan air secukupnya ke dalam panci. Masukkanlah mie basah atau mie segar sebentar ke dalam air yang sudah mendidih. Jangan lupa untuk mengangkat serta meniriskannya segera setelah dirasa sudah matang.
  2. Kemudian campurkanlah minya serta kecap dan merica secara rata di dalam satu wadah.
  3. Masukkanlah mie yang sudah di masak ke dalam bumbu yang sudah di aduk sebelumnya.
  4. Untuk membuat topping, bunda bisa menumis semua bumbu halus terlebih dahulu hingga matang dan baunya keluar. Kemudian masukkan daging ayam dan aduklah hingga warnanya berubah. Selanjutnya masukkan kecap, kaldu ayam serta air ke dalamnya. Biarkan ia mendidih hingga ayamnya matang hingga kuahnya habis. Jika sudah maka topping sudah bisa di angkat.
  5. Kini saatnya masuk ke proses penyajian. Taruhlah mi eke dalam mangkuk saji. Berikanlah daun sawi, ayam tumis atau topping serta kulit pangsit goreng. Kemudian taburi dengan bawang merah goreng serta daun bawang yang sudah di iris. Bagi anda yang suka dengan kaldu ayam maka anda bisa menambahkannya. Sesuaikan dengan selera keluarga ya Bunda!

Tips Penting Cara Membuat Mie Ayam Wonogiri

Ada beberapa tips yang bisa anda gunakan dalam cara membuat Mie Ayam Wonogiri loh Bunda. Berikut adalah tips yang bisa anda gunakan untuk mempermudah pembuatan:

  1. Tips pertama adalah mengenai mie yang akan digunakan. Jika anda tidak memiliki banyak waktu untuk membuat mie ini sendiri maka anda bisa membeli dalam bentuk mie segar yang terjual di pasar tradisional. Gunakanlah mie yang memiliki tekstur lembut serta menggunakan campuran telur. Untuk mendapatkan dan memastikan bahwa mie yang anda gunakan adalah mie yang paling segar ialah dengan mengecek tanggal kadaluwarsa.
  2. Ingin kaldu ayam yang gurih dan enak? Untuk mendapatkannya maka anda bisa menambahkan bawang putih yang dicincang dan telah di goreng.
  3. Gunakan bakso atau pangsit rebus untuk menyajikannya agar lebih lengkap.

Baca Juga : Cara Membuat Seblak

3. Cara Membuat Mie Ayam Goreng

Cara membuat mie ayam selanjutnya yaitu Mie Ayam Goreng. Jika bosan dengan mie ayam berkuah. Bunda harus mencoba menyajikan mie ayam dengan konsep yang lebih baru nih Bunda. Ingin tahu apa sajian yang terbaru? Miyago atau Mi Ayam Goreng adalah salah satu menu mi ayam yang sangat digemari. Bagi anda yang sudah pernah mencobanya pasti ketagihan dengan jenis mie ayam yang satu ini bukan? Nah kali ini kami akan memberikan resep mie ayam goreng tanpa MSG. Sehingga akan sangat sehat untuk keluarga ya bunda!

Bahan Untuk 4 Porsi

  1. Mie kuning atau mie telur basah 500 gram
  2. Minyak wijen 1 sdt
  3. Kecap asin 1 sdt
  4. Minyak goreng ½ sdt
  5. Kecap manis 1 sdt
  6. Bahan Topping Ayam: 250 gram ayam di potong dadu kecil beserta tulangnya, 5 siung bawang merah, 3 siung bawang putih, ½ sdt merica, 1 sdm saus tiram, 1 sdt kecap asin, 5 sdm kecap manis atau sesuai selera, 3 lembar daun jeruk, 3 lembar daun salam, 2 batang daun bawang, garam dan gula secukupnya.
  7. Bahan pelengkap: Sawi putih, bakso, acar dan pangsit.

Langkah Pembuatan

  1. Pertama haluskan bawang merah serta bawang putih dulu ya bunda. Masukkan ke dalam wajan yang sudah ada minyak panasnya, tumis sebentar. Kemudian bunda bisa menambahkan merica, kecap asin, saus tiram, gula, garam, daun salam dan daun jeruk serta kecap manis.
  2. Kemudian masukkanlah ayam ke dalam wajan dan tambahkan dengan air sebanyak 500 ml. Aduklah hingga air surut dan tambahkan irisan daun bawang. Jangan lupa untuk tes rasa ya Bunda. Masukkan garam jika kurang asin.
  3. Untuk membuat mie tentu sangat mudah, bunda tinggal merebus mie basah, bakso serta sawi putihnya sampai matang. Kemudian tiriskan.
  4. Selanjutnya kita masuk ke penyajian. Ambillah mangkuk dan masukkan minyak wijen, tambahkan kecap asin serta kecap manis. Kemudian Berilah sekitar 2 atau 3 sdm kuah topping ayam. Lalu masukkan mie serta sawi yang telah direbus. Tambahkan cabai bubuk jika keluarga bunda menyukai rasa pedas. Aduklah secara rata.
  5. Tahap terakhir, tambahkan topping ayam di atasnya beserta bakso, pangsit serta acar. Sajikan segera selagi hangat ya bunda!

Itulah informasi yang bisa kami berikan seputar 3 cara membuat mie ayam. Jangan lupa untuk dipraktikkan di rumah ya Bunda!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *