Cara Membuat Bakso Sendiri Dirumah

cara membuat bakso

Hallo bunda, apa kabar hari ini? Semoga senantiasa berada pada kondisi yang sehat dan bahagia ya. Menjadi seorang bunda tentu bukan hal yang mudah kan? Anda harus menyiapkan segala pekerjaan rumah, terlebih jika anda adalah wanita karir yang tidak memiliki pembantu. Wah, pasti sangat kerepotan mengurus rumah bukan? Namun, sebagai seorang bunda semua hal itu adalah kewajiban yang harus dipenuhi.

Situasi pandemi yang masih saja berjalan membuat para bunda biasanya takut dan sangat was-was terhadap keluarganya. Bunda adalah anggota keluarga yang paling memperhatikan gizi dan kesehatan anak serta seluruh anggota keluarga. Mengenai makanan dan asupan, maka bunda adalah orang yang sangat memperhatikan hal ini.

Meski masih banyak pedagang yang berjualan di luar, bunda pasti was-was jika anak mengonsumsi makanan dari luar bukan? Selain karena lebih boros, jajan sembarangan di luar akan sangat beresiko terhadap kesehatan. Nah, berikut kami sajikan ulasan mengenai 3 cara membuat bakso di rumah yang enak dan mudah. Yuk bunda, praktikkan resep dan langkahnya ya!

Cara Membuat Bakso Dengan Mudah dan Enak

Siapa sih yang tidak mengenal makanan yang satu ini? Bakso adalah makanan yang sangat digemari oleh masyarakat Indonesia. Biasanya makanan ini dikonsumsi mulai dari sore hari hingga malam hari. Makan baso di saat musim hujan juga sangat syahdu dan bisa menghangatkan tubuh loh. Tidak heran jika di tempat wisata yang memiliki suhu rendah, bakso menjadi incaran para wisatawan. Lalu, bakso ini terbuat dari apa sih? Baso adalah makanan yang terbuat dari campuran tepung dan daging. Biasanya daging yang digunakan adalah daging sapi. Namun, tidak sedikit juga yang menggunakan daging ayam karena mahalnya harga daging sapi.

Baso sendiri memiliki berbagai macam varian, ada bakso biasa, bakso urat, bakso isi telur, bakso isi jamur dan lain sebagainya. Ukurannya pun sangat beragam mulai dari kecil, sedang hingga jumbo. Jika bunda ingin membuat bakso, bisa disesuaikan ukurannya dengan selera Bunda ya! Mengolah bakso bukanlah hal yang sulit, yang penting seluruh bahan dan alat tersedia ya bunda dan masaklah baso hingga matang dengan sempurna.

1. Resep Bakso Sapi

Bahan yang diperlukan

Berikut adalah bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat baso sapi:

  1. 500 gram daging sapi
  2. 1 butir telur
  3. 100 gram tepung kanji
  4. 3 siung bawang putih, haluskan
  5. 1 sdt lada bubuk
  6. 1/2 sdt bubuk pala
  7. 1 sdm garam
  8. 1/2 sdt kaldu sapi bubuk
  9. Air secukupnya untuk merebus

Langkah-Langkah Membuat Bakso Sapi

Nah, apabila bunda sudah menyiapkan seluruh bahannya, yuk langsung ikuti langkah-langkah pembuatannya berikut ini:

  1. Langkah pertama yang harus bunda lakukan ialah membersihkan daging sapi dan menggilingnya hingga halus. Bunda bisa menggiling menggunakan blender daging jika punya. Namun, jika tidak punya bunda bisa menggunakan jasa penggilingan daging sapi terdekat dari rumah bunda. Apabila sudah halus, bunda bisa memasukkan telur serta bumbu-bumbu lain kecuali tepung kanji. Bunda bisa menggunakan alat masak yaitu food processor untuk mempermudah. Namun, jika tidak punya bunda bisa mengaduknya secara manual.
  2. Kemudian tuangkanlah tepung kanji sedikit demi sedikit sembari di aduk agar semua merata.
  3. Apabila adonan basonya sudah siap, bunda bisa langsung memasak air hingga mendidih. Kemudian bunda bisa mencetak adonan baso dengan bentuk bulat sesuai selera dan langsung di masukkan ke dalam air yang mendidih.
  4. Masak baso dan biarkan hingga terapung. Jika sudah terapung maka bunda bisa mengangkat dan meniriskannya.
  5. Nah, bakso sapi buatan bunda ini sudah siap untuk di olah loh. Bunda bisa menyajikannya menjadi baso biasa, atau menjadi baso bakar, goreng, pelengkap sop dan lain sebagainya.

Baca juga : Cara membuat seblak

2. Resep Bakso Malang Abang-Abang

 

Hayoo, ngomong-ngomong soal bakso pasti ada yang tahu dan teringat dengan bakso malang yang di jual abang-abang kan? Biasanya bakso malang dijual menggunakan gerobak keliling di sore hingga malam hari. Makanan ini berbeda dengan bakso yang di jual biasanya. Bisa di katakan bahwa jenis bakso yang satu ini adalah jenis bakso yang sangat komplit atau lengkap. Hal ini di karenakan bakso malang tidak hanya berisi bakso saja melainkan ada siomay (pangsit rebus), pangsit goreng, bakso goreng dan mie dengan bentuk bulat yang khas. Penasaran bagaimana cara membuatnya? Yuk, simak bahan dan caranya berikut ini!

Bahan yang diperlukan

Bakso

  1. 500 gram daging sapi sangkel segar tanpa dicuci, buang uratnya dan iris tipis
  2. 4 sendok teh garam kasar
  3. 1/2 sendok teh poly powder
  4. 50 gram putih telur
  5. 225 gram es serut
  6. 1 sendok teh penyedap rasa
  7. 1 siung bawang putih, haluskan
  8. 1/2 sendok teh merica bubuk
  9. 1 sendok makan bawang putih goreng
  10. 1/2 sendok makan bawang merah goreng
  11. 250 gram tepung sagu

Bahan Pangsit

  1. 1 butir telur
  2. 1 sendok teh garam
  3. 100 gram tepung sagu
  4. 1 batang daun bawang, iris halus
  5. 24 lembar kulit pangsit
  6. 1/4 sendok teh baking powder
  7. minyak untuk menggoreng

Bahan Kuah

  1. 25 gram bawang putih goreng, haluskan
  2. 50 gram bawang merah goreng, haluskan
  3. 75 gram garam
  4. 25 gram gula pasir
  5. 1 sendok makan merica bubuk
  6. 1 sendok teh penyedap rasa

Bahan Sambal

  1. 100 gram cabai rawit merah
  2. 5 siung bawang putih
  3. 1/2 sendok teh garam
  4. 250 ml air

Bahan Pelengkap

  1. 100 gram bihun, seduh, dan tiriskan
  2. 100 gram mie telur, seduh, dan tiriskan

Cara dan Langkah Membuat Bakso Malang

  1. Langkah pertama yang perlu bunda lakukan adalah memasukkan daging sapi serta garam untuk di giling ke dalam food processon. Lakukan penggilingan sebentar saja hingga daging memiliki tekstur agak lembut.
  2. Kemudian masukkanlah poly powder, es serut, putih telur, penyedap rasa, bawang putih, bawang putih goreng, merica bubuk serta bawang merah goreng dan giling kembali hingga lembut.
  3. Selanjutnya, masukkanlah tepung sagu atau kanji dan giling kembali hingga merata. Giling hingga lembut serta adonan menjadi kalis. Jika sudah bagilah menjadi dua bagian.
  4. Bagian adonan yang pertama bisa segera di bentuk bulat dan dimasukkan kedalam air panas yang sudah mendidih. Masaklah hingga matang atau mengapung. Jika sudah mengapung maka bisa anda tiriskan.
  5. Sedangkan adonan yang kedua berfungsi untuk membuat pangsit. Tambahkan adonan dengan telur, garam, tepung sagu serta daun bawang yang telah diiris kecil. Aduk hingga merata dan bagilah menjadi dua bagian. Bagian pertama isikanlah ke dalam kulit pangsit. Lipat menjadi bentuk limas dan panjang. Kemudian kukus pangsit yang berbentuk limas di atas api sedang selama 20 menit hingga pangsit matang.
  6. Selanjutnya untuk pangsit yang dibentuk panjang bisa di goreng ya bunda di atas api sedang pula hingga kecokelatan.
  7. Masih ada satu bagian lagi kan bunda? Nah bagian yang ini bisa di tambahkan dengan baking powder dan dibentuk bulat ya bunda. Kemudian goreng dengan api sedang sampai matang serta kering.
  8. Untuk membuat sambal, bunda bisa merebus cabai rawit serta bawang putih terlebih dahulu. Blender hingga halus ya bunda dengan 100 ml air sisa rebusan sebelumnya. Kemudian tambahkan dengan garam dan aduk merata.
  9. Bakso sudah siap untuk di sajikan. Sajikanlah makanan ini dengan pangsit, bakso goreng, bumbu kuah, sambal serta bahan pelengkap lainnya ya bunda. Nikmati selagi masih hangat!

Baca juga : 6 Kiat Sukses Budidaya Lele

3. Resep Bakso Kuah di Rumah

cara membuat bakso enak

Berikut adalah resep membuat bakso kuah di rumah yang sederhana. Yuk, simak bahan dan cara membuatnya!

Bahan yang diperlukan

Bahan Bakso

  1. 700 gram daging sapi, giling
  2. 300 gram daging ayam, giling
  3. 2 butir telur ayam, ambil putihnya
  4. 2 siung bawang putih
  5. 150 gram es batu
  6. 100 gram tepung tapioka
  7. ½ sdt soda kue
  8. 1 sdt merica putih bubuk
  9. 2 sdt penyedap rasa sapi instan
  10. 1 sdt gula pasir
  11. ½ bungkus agar-agar tanpa rasa
  12. 2 sdt bawang merah goreng

Bahan Kuah Bakso

  1. 2 liter air
  2. 1 sdm penyedap rasa sapi instan
  3. ½ sdt merica putih bubuk
  4. 2 batang daun bawang
  5. 1 sdt gula pasir
  6. 2 siung bawang putih, cincang halus
  7. 1 sdm bawang merah goreng

Langkah- Langkah Membuat Bakso Kuah di Rumah

  1. Pertama haluskan daging sapi, ayam, bawang putih, bawang goreng, putih telur dan es batu di food processor ya bunda. Haluskan hingga benar-benar halus.
  2. Kemudian masukkanlah tapioka, merica, soda kue, penyedap rasa, agar-agar dan gula. Aduk hingga merata dengan menggunakan sendok. Lalu simpanlah di dalam kulkas dalam waktu minimal yaitu 30 menit.
  3. Setelah itu taruhlah air dalam panci dan panaskan hingga mendidih. Lalu bentuklah adonan baso menjadi bulat atau sesuai selera kemudian masukkan ke dalam air mendidih. Rebus dan masaklah hingga baso terapung dan matang. Jika sudah maka bakso bisa disajikan.
  4. Bakso yang sudah matang tersebut lantas bisa di tiriskan dan disajikan dengan kuah kaldu sapi.

Baca juga : Les Privat Jogja Terbaik

Keutungan Memasak atau Mengolah Bakso Sendiri di Rumah

Pernahkah anda terfikirkan untuk membuat bakso sendiri? Mungkin membuat bakso sendiri di rumah bisa dikatakan tidak mudah seperti membuat telur dadar. Dibutuhkan sifat telaten serta kemahiran tersendiri untuk membuat adonan bakso. Namun, anda tidak perlu lagi khawatir karena makanan ini bisa anda buat dengan sederhana melalui resep dan cara di atas. Proses pembuatan bakso yang cukup lama terutama saat membentuk adonan menjadi bulat ini merupakan keseruan tersendiri loh. Ini bisa menjadi kegiatan yang sangat menyenangkan untuk di rumah aja bersama keluarga tercinta.

Selain menjadi salah satu kegiatan selama di rumah aja, dengan memasak sendiri maka anda tahu bahan-bahan apa saja yang anda gunakan untuk asupan keluarga. Bunda bisa mengetahui bagaimana proses pembuatan serta seberapa banyak komposisinya. Maka bunda juga bisa memastikan bahwa asupan yang akan dikonsumsi oleh keluarga lebih bergizi dan lebih steril dibandingkan dengan membeli bakso di luar.

Itulah informasi mengenai 3 cara membuat bakso di rumah yang enak dan mudah. Seluruh resep ini bisa di rombak sesuai selera ya bunda. Sesuaikan dengan selera Bunda dan keluarga. Jangan lupa untuk ajak keluarga terlibat dalam pembuatan ya. Selamat berkreasi Bunda!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.