Viskositas

Viskositas

Pada kesempatan kali ini Slimsblog akan berbagi tentang pengertian viskositas. Selain membahas hal tersebut, didalam artikel ini juga akan dibahas Rumus Viskositas. Penasaran terkait Viskositas? Yuk simak pembahasan lengkapnya pada artikel berikut ini.

Apa Itu Viskositas?

apa itu viskositas

Viskositas adalah cara untuk menyatakan hambatan yang dibutuhkan cairan untuk mengalir. Kebanyakan viskometer digunakan untuk mengukur kecepatan cairan yang mengalir melalui tabung gelas (gelas kapiler). Definisi lain dari viskositas adalah ukuran suatu kekentalan suatu fluida atau cairan.

Kekentalan merupakan sifat cairan yang memiliki hubungan erat dengan hambatan agar mengalir. Viskositas cairan dapat menyebabkan gesekan antar bagian atau lapisan cairan yang bergerak bersama dengan benda lainya. Hambatan atau gesekan yang terjadi merupakan alhasil dari gaya kohesi didalam zat cair (Yazid, 2005).

Viskositas dapat diukur dengan melakukan pengukuran laju cairan yang melalui tabung yang berbentuk silinder. Nilai dari viskositas juga dapat menentukan tingkat kecepatan mengalirnya cairan.

Dalam zat cair, viskositas juga bisa dihasilkan dengan menggunakan gaya kohesi antara molekul zat cair. Namun untuk zat gas, viskositas tersebut ada sebagai akibat dari adanya tumbukan antara molekul gas.

Viskositas sebuah zat cair tersebut dapat ditentukan secara kuantitatif yaitu dengan menggunakan besaran yang disebut dengan koefisien viskositas. Satuan koefisien viskositas adalah Ns/m2/pascal sekon (Pa s).

Jika Satuan cgs (centimeter gram second) dan SI koifisien viskositasnya dyn.s/cm2 = poise (p). Maka viskositas juga bisa dinyatakan ke dalam centipoise (cP). 1 cP = 1/1000 P.

Mengenal Sifat Zat Cair

Tahukah kalian apa sifat dari zat cair? Jika kalian belum tahu tentang sifat zat cair, berikut ini merupakan sifat sifat yang dimiliki oleh zat cair menurut Wylle, 1992.

  • Pada saat ruangan lebih besar dibandingkan volume zat cair maka akan membentuk permukaan yang bebas horizontal yang dapat berhubungan dengan atmosfer
  • Zat cair mempunya berat jenis dan juga rapat massa
  • Zat cair juga memiliki sifat tidak termampatkan
  • Zat cair mempunyait sifat viskositas atau tingkat kekentalan
  • Zat cair mempunyai adesi, kohesi dan juga tegangan permukaan.

Rumus Viskositas

Secara matematis, besarnya viskositas dinyatakan dengan gaya yang diperlukan untuk memindahkan lapisan cairan:

F = kηv

Keterangan

  • F = gaya untuk menggerakan lapisan fluida (N)
  • v = kecepatan fluida (m/s)
  • η = koefisien viskositas (Ns/m2)

Satuan Viskositas

Satuan viskositas adalah L^2/T. Satuan internasional untuk viskositas kinematik adalah mm ^ 2 / s atau centiStoke atau cSt.

Hubungan antara tegangan geser dan perubahan viskositas dan kecepatan dapat dipahami dalam kasus aliran antara dua pelat. Misalnya, jarak antara pelat adalah y, dan dengan asumsi pelat, ada cairan dengan fluida yang seragam di antara pelat. Sangat besar dan memiliki luas A yang besar, sehingga dapat dianggap tidak ada efek ribs. Dipasang pada pelat bawah dan menerapkan gaya F ke pelat atas. Jika gaya ini ditemukan untuk memindahkan material di antara dua pelat saat kecepatan berubah.

Faktor Yang Dapat Mempengaruhi Viskositas

Berikut ini merupakan faktor faktor yang dapat mempengaruhi viskositas

Suhu

Viskositas berbanding terbalik dengan suhu. Jika suhu naik maka viskositas akan turun, dan begitu sebaliknya. Hal ini disebabkan karena adanya gerakan partikel-partikel cairan yang semakin cepat apabila suhu ditingkatkan dan menurun kekentalannya.

Tekanan

Semakin tinggi tekanan, semakin tinggi viskositas cairan.

Konsenstrasi Larutan

Viskositas berbanding lurus dengan konsentrasi larutan. Karena konsentrasi larutan menunjukkan jumlah partikel terlarut per satuan volume, larutan konsentrasi tinggi juga memiliki viskositas tinggi. Semakin banyak partikel yang larut, semakin tinggi gesekan antar partikel dan semakin tinggi viskositasnya.

Berat Molekul

Viskositas berbanding lurus dengan berat molekul zat terlarut. Kehadiran zat terlarut berat menekan atau secara signifikan mendistorsi cairan dan meningkatkan viskositasnya.

Nah demikian merupakan pembahasan terkait apa itu Viskositas, semoga artikel ini dapat bermanfaat baik untuk anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.