Pengertian Kalor

pengertian kalor

Bagi anda yang sedang mencari apa itu pengertian kalor, tenang saja karena kami sudah merangkum tentang pengertian kalor pada pembahasan artikel ini. Yuk simak artikel mengenai pengertian kalor berikut ini.

Apa Pengertian Kalor?

Pengertian Kalor adalah panas yang bisa berpindah dari benda yang memiliki kelebihan kalor menuju benda yang kekurangan kalor. Kalor dapat didefinisikan sebagai energi yang dapat berpindah dari benda suhu tinggi ke suhu yang lebih rendah.

Kalor adalah panas yang dapat berpindah dari benda yang memiliki memiliki kalor yang lebih banyak menuju benda yang memiliki kalor lebih sedikit dibandingkan benda sebelumnya. Selain itu kalor juga bisa diartikan sebagai bentuk energi yang dapat berpindah secara alami dari benda yang memiliki suhu lebih tinggi menuju benda yang memiliki suhu lebih rendah ketika keduanya bersentuhan atau bersinggungan. Kalor biasanya dinyatakan dalam suhu. Satuan internasional kalor adalah Joule (J).

Pengertian Kalor Adalah

Di dalam zat, kalor akan merambat dari tempat yang bersuhu tinggi ke tempat yang bersuhu rendah. Dalam hal ini ada tiga cara perpindahan kalor, yaitu radiasi, konveksi, dan konduksi.

  • Radiasi adalah perpindahan kalor tanpa memerlukan zat perantara. Contoh dari perpindahan panas secara radiasi adalah radiasi matahari ke bumi, dimana panas matahari dapat berpindah dan mencapai bumi tanpa zat perantara apapun sebab luar angkasa merupakan daerah hampa udara yang tidak mengandung udara apapun yang dapat membantu penghantaran panas.
  • Konveksi adalah perpindahan kalor yang disertai dengan perpindahan massa zat perantaranya. Contohnya adalah pada pemanasan air, ketika air dipanaskan, air yang sudah bersuhu tinggi lebih cepat akan berpindah ke atas dan memindahkan kalornya ke air yang masih bersuhu rendah, dan air yang bersuhu rendah akan berpindah tempat juga ke bawah.
  • Konduksi adalah terjadinya perpindahan kalor melalui zat padat, yang tidak disertai perpindahan partikel-partikelnya. Contoh perpindahan panas secara konduksi adalah: tutup panci yang menjadi panas saat digunakan untuk merebus air, wajan yang semakin panas karena digunakan untuk memasak, mentega yang meleleh diatas wajan yang panas, dan lain sebagainya.

Materi diatas merupakan materi IPA Terpadu SMP Kelas VII – Bab 4. Suhu dan Kalor. 

Demikian adalah pengertian kalor dan jenis jenis kalor. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi anda untuk pelajaran IPA maupun dalam kehidupan sehari hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.