5 Tips Sehat di Bulan Ramadhan Yang Bisa Dicoba

tips sehat di bulan ramadhan

Pada kesempatan kali ini Slimsblog akan berbagi tips sehat di bulan ramadhan. Nah bagi anda yang ingin kuat puasa dan tetap sehat, alangkah baiknya membaca artikel ini hingga selesai.

Ada banyak perubahan gaya hidup selama bulan puasa. Mulai dari kebiasaan tidur, kebiasaan makan dan aktivitas sehari-hari selama Ramadhan di rumah. Meski hampir semua aktivitas dilakukan di rumah, Anda perlu memastikan setiap anggota keluarga bisa tetap fit selama bulan puasa yang sehat dan bugar, coba simak beberapa tips sehat di bulan ramadhan berikut ini.

Tips Sehat di Bulan Ramadhan

Semua orang berharap puasa berjalan lancar hingga akhir Ramadhan Ketahuilah bahwa puasa memiliki banyak manfaat, salah satunya adalah mengurangi reaksi peradangan atau peradangan.Manfaat puasa dapat dicapai dengan baik bila pola hidup sehat dapat diterapkan selama bulan puasa.

Untuk itu, Anda bisa menerapkan tips di bawah ini agar keluarga tetap sehat dan bugar selama Ramadan di rumah.

1. Minum 8 gelas air mineral

Salah satu tantangan puasa adalah risiko dehidrasi, jadi seseorang harus cukup memenuhi hidrasi tubuh dengan minum cukup air saat sahur dan buka puasa

Tidak ada perbedaan jumlah air minum yang dibutuhkan tubuh selama puasa. diproduksi di dalam tubuh.

Pola konsumsi air saat puasa dapat dibagi menjadi 242, yaitu 2 gelas saat berbuka puasa, 4 gelas antara buka puasa dan sahur, dan 2 gelas lagi saat puasa.Ajak keluarga untuk mengikuti pola minum ini dan menjadi contoh bagi balita Anda.

Selain pentingnya pemenuhan kebutuhan hidrasi tubuh, kualitas air minum di rumah juga harus diperhatikan, karena tidak semua air sama, karena kedua hal ini menentukan kualitas air. minum air.

Air mineral berkualitas, diambil dari mata air alami pegunungan, yang ekosistem di sekitar mata air juga terlindungi. Karena itu penting? Karena akan menjaga kekayaan dan kealamian mineral, bermanfaat bagi kesehatan keluarga. Begitu juga dengan proses pengolahan air mineral harus higienis, terhindar dari kontaminasi bakteri dan zat berbahaya.

2.Makan buah-buahan yang mengandung air

Tips sehat di bulan ramadhan antara lain memenuhi kebutuhan cairan tubuh yang banyak mengandung air. Buah yang banyak mengandung air juga bisa mencegah dehidrasi.

Cairan tubuh yang cukup dapat mencegah risiko kelelahan, sakit kepala, masalah kulit, tekanan darah rendah dan kram otot. Selalu sediakan buah-buahan dengan kandungan air yang tinggi saat sahur dan buka puasa bersama keluarga.

Misalnya buah persik, semangka dan jeruk Selain mengandung air dan serat, buah-buahan ini juga menyuplai kebutuhan vitamin C. Mengkonsumsi vitamin C juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh Anda dan keluarga saat berpuasa di rumah.

3.Konsumsi Kurma Saat Buka Puasa

Selanjutnya untuk tips sehat di bulan ramadhan yaitu mengkonsumsi kurma di saat buka puasa. Kurma adalah salah satu jenis buah yang erat kaitannya dengan bulan Ramadhan: di balik rasanya yang manis, kurma menyembunyikan segudang manfaat berkat kandungannya.

Khasiat buah kurma sendiri sudah mulai dikenal luas hingga terkadang hanya dikonsumsi di bulan Ramadhan. Kebanyakan orang makan kurma kering. Namun, banyak juga yang memilih ekstrak kurma untuk mendapatkan kandungan nutrisinya.

Satu hal yang perlu diingat, saat berpuasa perut kosong cukup lama, sehingga harus menjaga sistem pencernaan.

Anda bisa mencoba program kesehatan 12 hari dengan mengkonsumsi minuman yang mengandung ekstrak kurma dan sarang burung walet agar tubuh tetap mendapat nutrisi penting selama puasa dan meningkatkan kesehatan. Program kesehatan 12 hari ini akan menemani Anda selama puasa tahun ini karena bisa dibuat atau dikonsumsi saat sahur atau berbuka puasa.

Namun pastikan memilih produk yang sudah dikemas dengan aman, misalnya menggunakan teknologi modern bersertifikat Food Safety Management ISO 2200, BPOM, dan tentunya halal ya.

4.Olahraga

Tips sehat di bulan ramadhan yang ke empat yaitu Olahraga. Mengikuti olahraga adalah salah satu tips puasa yang harus dimiliki. Tentunya Anda dan keluarga lebih leluasa dalam mengatur waktu olahraga saat berpuasa di rumah. Hindari olahraga ketahanan dan kecepatan karena dapat menguras energi.

Lakukan aktivitas fisik ringan saja, seperti yoga, jalan kaki atau peregangan. Saat berolahraga, ingatlah untuk memperhatikan kemampuan tubuh Anda untuk melanjutkan atau tidak.

Jika Anda merasa pusing dan goyah, cobalah untuk istirahat dan jangan memaksakan diri.Anda bisa mengajak keluarga untuk berolahraga bersama agar aktivitas sehat ini menjadi rutinitas yang mengasyikkan.

5. Tidur yang cukup

Yang terakhir Selain menerapkan cara-cara tersebut di atas, lengkapi tips sehat di bulan ramadhan untuk Anda dan keluarga dengan tidur yang cukup. Setidaknya orang dewasa membutuhkan 8 jam tidur setiap malam. Sistem kekebalan tubuh dapat bekerja dengan baik ketika cukup tidur.

Menurut majalah Sleep 2010, kurang tidur dapat mempengaruhi emosi dan suasana hati seseorang yang dapat diidentifikasi dari ekspresi wajah.Tentunya, dibutuhkan humor dan konsentrasi yang baik untuk menjalankan aktivitas sehari-hari.

Sama seperti di kantor, seseorang membutuhkan konsentrasi yang baik saat bekerja hanya di rumah. Kualitas tidur yang cukup dapat meningkatkan konsentrasi, daya pikir, produktivitas, dan kinerja fisik. Oleh karena itu, Anda dan keluarga sebaiknya mendapatkan tidur yang cukup selama puasa agar lebih siap menghadapi aktivitas keesokan harinya. Nah demikian merupakan 5 tips sehat di bulan ramadhan yang bisa anda coba agar tetap kuat puasa.