4 Tips Kuat Puasa, Cara Mencegah Dehidrasi

tips kuat puasa di bulan ramadhan

Tips Kuat Puasa – Pada kesempatan kali ini Slimsblog akan berbagi tentang tips kuat puasa untuk kamu agar tidak dehidrasi di bulan ramadhan. Nah bagi kamu yang penasaran bagaimana tips kuat puasa dari Slimsblog, yuk simak selengkapnya artikel berikut ini.

Tips Agar Puasa Tidak Lemas dan Ngantuk

tips kuat puasa

Bulan Ramadhan merupakan salah satu bulan yang dinantikan oleh umat muslim, karena dibulan ramadhan terdapat banyak kemuliaan yang akan didapatkan oleh umat muslim. Saat berpuasa, pertanyaan yang paling sering diajukan adalah bagaimana agar tetap terhidrasi. Beberapa orang khawatir mengalami dehidrasi saat berpuasa. Pasalnya, selama 14 jam tanpa makan dan minum.

Selama puasa, tubuh kehilangan banyak air dalam berbagai cara, seperti bernapas, berkeringat, dan pergi ke kamar mandi di siang hari.

Kegagalan untuk mengganti cairan ini dapat menyebabkan dehidrasi, yang bisa menjadi sulit selama Ramadhan. Namun, Anda dapat mengambil langkah-langkah untuk mengurangi dampak ini. Jadi apa yang harus dilakukan?

1. Minum Cukup Air Waktu Malam

Tips kuat puasa yang pertama yaitu perbanyak minum air putih setiap hari di luar jam puasa (malam hari). Namun sebaiknya jangan minum banyak air sekaligus karena tubuh tidak akan bisa menggunakan semuanya.

2. Konsumsi Makanan Kaya Akan Air

Mengkonsumsi lebih banyak makanan kaya air, seperti semangka, anggur, apel, mentimun, dan seledri, juga akan membantu Anda tetap terhidrasi. Air berlimpah dalam produk seperti susu dan yogurt.

3. Kurangi Konsumsi Kopi

Ingat untuk menghindari atau mengurangi konsumsi minuman berkafein seperti kopi, teh dan minuman ringan sebanyak mungkin. Minuman jenis ini bisa membuat Anda lebih sering ke kamar mandi sehingga menyebabkan dehidrasi.

4. Mandilah Dengan Air Yang Dingin

Setelah beberapa hari berpuasa, rasa haus menjadi sensasi yang wajar, namun kadang disertai pusing, bibir kasar, kulit merah, malaise, suhu tubuh meningkat, pernapasan dan detak jantung meningkat, dan masih banyak lagi. Waspadalah terhadap dehidrasi yang muncul di hadapan Anda karenan dapat menyebabkan kelemahan tubuh dan dispnea.

Dalam hal ini, mandi air dingin dapat berkontribusi pada relaksasi dan penyegaran dalam banyak cara.

Nah demikian 4 tips kuat puasa yang bisa kalian lakukan di bulan ramadhan, semoga dengan tips ini kalian dapat selalu kuat dalam berpuasa. Sekian dari slimsblog.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.