Manfaat Nuklir

Manfaat Nuklir

Manfaat Nuklir – Nuklir dapat diartikan secara sederhana sebagai bagian nukleus atau inti atom. Inti bereaksi ketika terjadi tumbukan atau proses peleburan antara dua atau lebih partikel inti atom sehingga menimbulkan lonjakan energi. Tenaga nuklir selalu identik dengan dampak negatif, namun tenaga nuklir juga memiliki dampak dan manfaat positif. Berikut ini Slimsblog akan membahas manfaat nuklir untuk kehidupan.

1. Manfaat Nuklir Untuk Pembangkit Listrik

Pembangkit listrik tenaga nuklir atau biasa disingkat PLTN merupakan salah satu contoh pemanfaatan tenaga nuklir yang berdampak positif. Di beberapa negara di dunia, energi nuklir telah lama digunakan sebagai sumber tenaga. Pembangkit listrik tenaga nuklirpada awalnya dirancang pada tahun 1956 yang mana tenaga nuklir berkaitan erat dengan reaksi fisi.

Reaktor menghasilkan energi panas, kemudian air dalam reaktor mendidih dengan panas, dan air mendidih tersebut dapat menghasilkan uap, yang menggerakkan turbin untuk menghasilkan listrik. Hal tersebut memiliki prinsip operasi mengubah satu bentuk energi menjadi energi lain.

2. Peningkatan Kualitas dan Kuantitas Pangan

Reaksi nuklir melalui sinar gamma dapat digunakan untuk meningkatkan jumlah pangan berkualitas tinggi. Proses ini disebut iradiasi pangan. Iradiasi pangan merupakan teknologi yang digunakan untuk mengolah dan mengelola pangan agar tahan lama dan tidak adanya mikroorganisme pembusuk.

Proses iradiasi tidak membuat makanan menjadi radioaktif, makanan tetap utuh seperti makanan aslinya dan memiliki kualitas yang lebih baik. Teknik iradiasi biasanya diperlukan untuk penyimpanan buah, pasteurisasi susu, dan penyimpanan sayuran.

3. Pemanfaatan Bidang Industri

Tenaga nuklir dapat digunakan dan bermanfaat untuk industri atau keperluan industri seperti penggunaan sinar gamma untuk memeriksa sistem beton bertulang dan memeriksa badan pesawat untuk memastikan tidak ada kebocoran mikro.

4. Pemanfaatan Bidang Medis

Energi nuklir juga dapat digunakan dalam bidang medis. Misalnya, teknologi untuk alat kesehatan seperti MRI dan CT scanner. Penggunaan beberapa reaksi nuklir membantu dokter dan profesional medis mendiagnosis, mempelajari, dan mengevaluasi penyakit. Penggunaan radiografi diharapkan dapat memungkinkan perawatan pasien yang lebih efektif.

5. Sumber Daya Alternatif

Energi nuklir dapat digunakan sebagai sumber daya bahan bakar alternatif yaitu uranium-235 dan plutonium-239, serta sebagai sumber daya. Salah satu contohnya adalah baterai plutonium, yang merupakan produk dari proses pemurnian reaksi nuklir. Baterai ini dikatakan lebih awet dan hemat energi.

Nah demikian merupakan 5 Manfaat Nuklir yang positif jika penggunaan nuklir tepat dan memenuhi standar yang baik. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *