20 Ide Usaha Rumahan Modal Kecil

ide usaha rumahan

Kamu lagi nyari ide usaha rumahan? Ingin buka usaha rumahan? tepat sekali kamu membaca artikel ini. Karena kami akan berbagi ide usaha rumahan terbaik untuk kamu yang pengen mulai bisnis. Yuk simak selengkapnya artikel berikut ini. 

Dewasa ini semakin hari kebutuhan pokok mengalami kenaikan setiap harinya. Karyawan saja tyerkadang mendapatkan gaji yang tidak seberapa bahkan hanya cukup untuk memenuhi kebutuhan keseharian saja. Mungkin kalian sudah tidak asing lagi jika mendengar usaha rumahan.

Oleh sebab itu membuka bisnis sampingan dengan usaha rumahan adalah solusi yang tepat untuk mendapatkan uang tambahan. Apalagi di musim pandemi seperti ini banyak para karyawan yang di PHK oleh perusahaan dan lebih memilih menekuni bisnis rumahan. Bahkan terbukti banyak orang sukses menggeluti bidang ini. Nah, untuk mengetahui apa saja bisnis rumahan yang harus kalian tekuni langsung saja simak halaman berikut ini.

Ide Usaha Rumahan Sebuah Peluang Mendapatkan Untung

ide usaha makanan

Saat ini begitu banyak usaha rumahan yang membuat Anda mendapatkan keuntungan yang besar. Tetapi, Anda akan di hadapkan dengan perubahan-perubahan yang mendasar maka perlu adanya ketekunan yang tinggi dalam menjalaninya. Anda masih penasaran apa saja usaha rumahan tersebut? Berikut beberapa jenis usahanya:

1. Menjual Camilan Makanan

Mungkin bisnis ini sudah ada banyak orang yang menekuninya. Akan tetapi, jika Anda menekuninnya dengan sungguh-sungguh usaha jenis ini tidak akan pernah ada matinya. Terdapat beberapa opsi usaha kuliner tersebut yaitu:

Menjual Aneka Kue

Siapa yang pecinta kue rumahan? Nah bagi Anda yang memiliki skill dalam bidang kuliner kembangkanlah dengan membuka usaha kecil-kecilan terlebih dahulu. Sebab untuk menjadi pengusaha yang besar harus berani mencoba dan menekuni suatu bidang agar sukses nantinya. Berikut camilan usaha rumahan di Indonesia; risoles, brownis kukus, molen, donat, kue lapis, dan sebagainya. Usaha tersebut akan cepat berkembang apabila Anda menemukan lokasi yang cocok keramaian seperti di dekat pasar, sekolah, dan area kampus.

Baca Juga Artikel Cara Membuat Website

Membuka Warung Makan

Jika Anda memiliki bakat atau keahlian dalam bidang memasak. Anda bisa membuka usaha rumahan. Apalagi jika Anda memiliki resep yang khas dan unik pasti semua orang akan mencarinya. Berikut masakan rumahan yang sering di cari seperti lauk pauk ayam goreng, ayam bakar, capcay, dan lain-lain.

3. Menjual Pulsa dan Paket Internet

Pada saat ini gadget menjadi media utama untuk berkomunikasi sekaligus menggali informasi yang tidak dapat terpisahkan oleh manusia. Maka menjual pulsa dan paket internet menjadi salah satu peluang dan kesempatan untuk menambah penghasilan. Untuk membuka usaha ini memerlukan modal yang cukup kecil.

4. Membuka Jasa Laundry

Generasi Z saat ini lebih memilih yang instant dan praktis dalam melakukan sesuatu. Apalagi orang kaya tentu lebih memilih makan di restaurant atau grab food daripada memasak sendiri. Sama halnya dengan mencuci pakaian, mereka tentu lebih memilih menngunakan jasa laundry. Karena di jamin lebih praktis. Maka membuka jasa laundry adalah salah satu pilihan yang tepat jika Anda berada di daerah perkotaan dan padat akan keramaian elite. Melalui lokasi sekaligus strategi yang tepat sasaran, maka dengan waktu yang cepat Anda akan merasakan pundi-pundi emasnya.

5. Membuka Tempat Cucian Motor

Sebentar lagi kita akan menghadapi musim penghujan. Hal tersebut membuka peluang bagi Anda yang ingin penghasilan tambahan dengan membuka jasa cuci motor. Tanpa menunggu penghujung musim pun usaha jenis ini tidak pernah sepi bahkan selalu di cari sebagian besar orang yang malas mencuci motor sendiri.

6. Membuka Jasa Penjahit Pakaian

Apakah Anda memiliki hobby menjahit? Jika iya, Anda perlu menekuni bidang tersebut dan membuka toko menjahit. Sebab usaha jenis ini selalu ramai pelanggan apalagi di musim pendaftaran sekolah, lebaran, dan acara pernikahan. 

Baca Juga Artikel Les Privat Jogja

7. Membuka Rental Play Station

Era globalisasi mendorong teknologi untuk selalu beradaptasi dalam perkembangannya. Salah satunya yaitu adanya play station yang di senangi para anak bahkan remaja sebagai sarana hiburan. Usaha jenis ini dapat di buka di rumah sendiri dengan membutuhkan modal 2 TV dan 2 play station 4. Memang cukuplah besar modal yang dikeluarkan tetapi usaha ini juga memberikan timbal balik keuntungan yang besar pula.

8. Membuka Warung Kopi

Usaha ini mungkin sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia khsusunya. Dewasa ini sudah begitu banyak orang yang menekuni bisnis warung kopi. Namun, tidak banyak pula yang dapat memepertahankan cita rasa dan bisnisnya. Oleh sebab itu membuka warung kopi merupakan salah satu pilihan yang tepat dengan bermodalkan mesin kopi dan tempat yang asethetik. Jika Anda menekuninnya dengan baik, maka akan menjadi bisnis yang menjanjikan di masa depan.

9. Budidaya Ikan Hias

Mungkin bisnis ini di lihat sepele oleh banyak orang, tetapi harga ikan hias ini sangatlah mahal bahkan bisa mencapai ratusan juta. Kalian akan memiliki investasi yang besar jika menekuni bisnis ini. Untuk menjadi pebisnis ikan hias yang sukses perlu adanya tips jitu, di antaranya: mencari ikan hias yang harganya mahal, memahami system pasar ikan hias, mempelajari cara mengembangbiakkan ikan hias supaya bertahan lama, mengikuti beberapa komunitas maupun forum untuk memperbesar bisnis ikan hias, dan mempromosikan bisnis dengan statregi tepat.

10. Membuka Pertamini didepan Rumah

Usaha jenis ini sangatlah cocok di kembangkan apalagi jika rumah Anda tereletak di pinggir jalan. Biaya untuk menunjang modal memang lumayan, tetapi akan memberikan income yang luar biasa bagi Anda.

11. Jadi Freelance Penulis

Nah jika kamu belum bisa melakukan beberapa usaha di atas. Kamu bisa lho jadi agen jasa penulis artikel freelance. Biasanya banyak yang membutuhkan artikel untuk blog. Kamu bisa tuh nawarin jasa kamu untuk menulis kepada mereka.

Nah itulah ide usaha rumahan yang mungkin bisa kamu lakukan untuk memulai dengan ide usaha di masa pandemi ini. Bagi kamu yang ingin memulai usaha alangkah baiknya untuk membuat plan bisnis yang bagus dan menarik. Serta jangan lupa juga untuk menggunakan business model canvas sebagai acuan dan plan yang bagus.

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *