Cara Memilih Karyawan Berkualitas

cara memilih karyawan

Cara Memilih Karyawan Berkualitas – Karyawan merupakan asset penting dari sebuah perusahaan. karena perkembangan dan kemajuan perusahaan juga merupakan andil dari karyawan. Perusahaan tidak dapat lepas dari kineeja karyawan, khususnya untuk karyawan yang berkualitas.

Kemajuan dan tujuan perusahaan akan semakin mudah dan cepat dicapai jika perusahaan dipenuhi oleh karyawan – karyawan yang berkualitas. Pada beberapa tahun terakhir, pencarian karyawan berkualitas agak terkendala karena lapangan pekerjaan yang semakin luas namun tidak diimbangi dengan kemampuan karyawan yang memadai. Suatu perusahaan harus bersaing dengan dengan perusahaan lainnya untuk merekrut karyawan yang berkualitas.

cara memilih karyawan yang berkualitas

Jika perusahaan anda sedang dan ingin merekrut karyawan yang berkualitas, berikut ini akan kami sajikan untuk anda tips cara memilih karyawan berkualitas. Begini cara memilih karyawan yang berkualitas:

Penulisan Lowongan yang Jelas

Sebelum anda melakukan perekrutan karyawan, anda wajib menulis lowongan yang jelas untuk disebarkan. Dengan adanya lowongan yang jelas, kemungkinan untuk pelamar asal – asalan mendaftar semakin kecil.

Sering ditemui sebuah lowongan yang hanya menuliskan posisi yang dibutuhkan tanpa keterangan kriteria dan spesifikasi minimal yang dibutuhkan. Hal ini akan memicu banyak sekali kemungkinan pelamar yang tidak sesuai dengan kebutuhan.

Lowongan yang jelas memuat nama perusahaan anda, posisi yang diperlukan, kriteria wajib, persyaratan, tujuan pengiriman lamaran, dan narahubung. Anda juga dapat mencantumkan tanggal terakhir perekrutan.

Menyeleksi CV Kandidat

Cara memilih karyawan yang pertama adalah anda memilah cv dan daftar Riwayat hidup pelamar. Dari keterangan dalam cv, anda akan dapat melihat pelamar tersebut merupakan seorang yang berpengalaman atau tidak.

Selain itu, anda juga dapat melihat tingkat Pendidikan dan track record selama Pendidikan dan pekerjaan. Anda juga dapat meminta bantuan karyawan anda yang memiliki tingkat Pendidikan atau jurusan yang sama dengan kriteria yang anda butuhkan untuk membantu memeriksa cv. Seleksi cv ini merupakan filter paling awal untuk perekrutan karyawan berkualitas.

Menjadikan Karyawan Terbaik Sebagai Pedoman

Dalam perusahaan anda, tentu anda memiliki beberapa orang karyawan terbaik pada setiap posisi yang ada, karyawan terbaik ini dapat anda jadikan pedoman atau patokan dalam cara memilih karyawan berkualitas berikutnya.

Bisa dikatakan, karyawan baru yang anda rekrut harus memiliki kualitas minimal mendekati kualitas karyawan terbaik anda. Dengan begini, anda akan dengan mudah menentukan karyawan baru yang berkualitas

Konsep Iklan yang Tepat

Ketika perusahaan anda membuat postingan atau membagikan lowongan pekerjaan, maka harus memiliki konsep yang jelas. Seperti dikatakan pada poin satu, lowongan yang anda bagikan haruslah jelas dan rinci.

Anda harus memastikan bahwa konsep iklan lowongan anda sudah sesuai. Konsep yang dimaksud adalah Ketika perusahaan anda memerlukan karyawan pada beberapa posisi, anda harus mencantumkan keterangan deskripsi pekerjaan secara lengkap.

Dengan begitu, calon karyawan bisa memahami apa yang akan mereka lakukan semisal mereka lolos seleksi dan diterima. Selain itu, kemampuan pelamar untuk memahami tugasnya dapat anda uji Ketika sesi interview dengan user.

Menggunakan Bantuan Alat untuk Penilaian

Anda juga dapat menggunakan bantuan alat untuk memilih karyawan yang berkualitas. Alat bantu tersebut berupa alat tes kepribadian. Dari hasil uji kepribadian ini, anda akan mengetahui kepribadian pelamar pada perusahaan anda.

Meskipun tes ini tidak tepat serratus persen, setidaknya anda memiliki gambaran calon karyawan anda. Hasil dari tes ini akan menunjukkan apakah pelamar tersebut introvert, ekstrovert, atau ambivert. Hampir setiap perusahaan melaksanakan tes kepribadian pada rekrutmen mereka agar memperkecil kesalahan memilih karyawan yang tidak sesuai.

Melakukan Interview

Setelah anda melakukan filtrasi dengan seleksi CV dan menggunakan tes kepribadian, langkah selanjutnya cara memilih karyawan berkualitas adalah dengan mengundang pelamar tersebut untuk interview.

Dalam interview nantinya anda akan melihat secara langsung calon karyawan baru anda. Pada sesi ini anda dapat berinteraksi dan menanyakan seluruh pertanyaan berkaitan dengan identitas, pengalaman, prestasi, dan juga tentang gaji dengan calon karyawan.

Alangkah baiknya sebelum melakukan sesi interview, anda sudah mempersiapkan daftar pertanyaan yang akan anda ajukan kepada kandidat. Selain menghemat waktu interview, anda juga dapat membawa obrolan dalam interview tetap pada jalur yang benar.

Demikian adalah informasi mengenai cara memilih karyawan berkualitas. Karyawan yang berkualitas tentu sangat diinginkan oleh seluruh perusahaan.

Namun yang tidak boleh dilupakan adalah perusahaan juga wajib memberikan lingkungan kerja dan perlengkapan penunjang agar karyawan tersebut tetap dapat mempertahankan kualitasnya dan bukan malah menurun.