7 Cara Belajar Efektif Serta Efisien

Cara Belajar Efektif Serta Efisien – Belajar di pagi hari bagi para siswa adalah sebuah kewajiban karena menjadi siswa memiliki kewajiban untuk mengembangkan dan mendapatkan ilmu. Siswa yang baik tentunya harus belajar dengan baik, belajar yang baik adalah pembelajaran yang menghasilkan peningkatan pengetahuan, sikap atau keterampilan. Namun apakah pembelajaran Anda sebagai mahasiswa efektif dan produktif? Jika belum, simak 7 cara belajar efektif dan sangat efisien berikut ini:

1. Ciptakan cara belajar efektif yang nyaman

cara belajar efektif dengan mudah

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah mengetahui cara menciptakan suasana belajar yang nyaman. Ada banyak cara untuk menciptakan suasana belajar, antara lain: belajar sambil mendengarkan musik, belajar di tempat yang nyaman seperti perpustakaan, taman, tepi danau, di ruangan ber-AC

2 Meringkas pokok inti pelajaran

Sangatlah bagus untuk mencatat poin utama pembelajaran. Mengapa? Karena jika Anda menyelesaikan sebuah buku, Anda akan membutuhkan waktu yang lama untuk menyelesaikannya. Ambil hal-hal penting dari murid. Hal ini akan memudahkan dalam menghafal dan memahami esensi pembelajaran. menerima pelajaran/materi yang akan diserap.

Juga, hal-hal yang tidak diketahui lebih mudah dipecahkan dengan bekerja sama. Oleh karena itu, kami sangat menyarankan untuk belajar bersama untuk menghadapi ujian.

4. Metode memperpendek atau memodifikasi agar menyerupai nama sesuatu

Metode ini digunakan oleh sebagian orang yang mengalami kesulitan mengingat dengan menggunakan nama yang mirip untuk mengingat dokumen. Ini sangat efektif untuk digunakan dan mudah diingat.

5. Belajar sambil berbuat

Belajar sambil berbuat sangat efektif. Nah, cara belajar ini juga akan membuat kamu tidak bosan. Misalnya pelajaran IPA seperti botani atau avertebrata bisa kita pelajari sambil mengamati tumbuhan, hewan atau apapun, dengan ini kita bisa membuat acara Belajar menjadi lebih menyenangkan.

6. Sering belajar, tapi tidak lama

Cara belajar efektif selanjutnya yaitu dengan sering belajar akan tetapi tidak lama. Dengan rutinitas belajar, lebih mudah untuk mengingat apa yang telah Anda pelajari. yang harus Anda lakukan adalah “sering belajar” bukan “belajar terlalu lama”. Seperti belajar 45 menit di pagi hari, 25 menit di sore hari, 50 menit di malam hari, 1 jam di malam hari. Cara ini sangat efektif dan pikiran juga akan dalam keadaan lebih rileks daripada harus belajar terlalu lama.

7. Memahami Bukan Menghafal

Nah, hal yang paling umum dilakukan oleh seorang murid atau siswa yang ingin menghadapi ujian adalah dengan menghafalnya. Bahkan tidak buruk hanya tidak efisien. Agar lebih efektif, perlu pemahaman teori yang kuat sehingga kita secara otomatis menghafalnya selama ujian. Jika Anda masih mengikuti metode hafalan, sangat disarankan untuk beralih ke metode pembelajaran dokumen.

Nah demikian merupakan cara belajar efektif dan efisien, semoga dengan adanya artikel ini anda dapat belajar dengan cara yang efektif dan mudah memahami pelajaran maupun mata kuliah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *