9 Tips Menurunkan Berat Badan

tips menurunkan berat badan

Siapa di sini yang sedang mencari tips menurunkan berat badan? Tepat sekali Anda mampir ke sini. Berat badan berlebih memang bisa menurunkan rasa percaya diri bagi sebagian orang. Bukan hanya membuat tubuh terlihat kurang ideal, tapi juga lumayan sulit menemukan fashion yang tepat.

Hal ini jelas membuat sebagian orang mencari cara bagaimana menurunkan berat badannya agar menjadi ideal. Sayangnya banyak dari mereka yang menginginkan cara yang instan. Padahal, hingga saat ini tidak ada ramuan ajaib yang bisa menurunkan berat badan secara instan.

Cara menurunkan berat badan yang kurang benar, justru bisa menimbulkan efek samping yang merugikan. Seperti sakit, berat badan yang tidak kunjung turun, atau bahkan stress. Lalu bagaimana tips menurunkan berat badan yang benar dan efektif? Berikut ulasannya!

Cara Menurunkan Berat Badan yang Efektif

tips menurunkan berat badan

1. Kurangi asupan kalori

Tips yang paling umum untuk menurunkan berat badan ialah dengan menurunkan asupan kalori. Hal ini bertujuan agar jumlah kalori yang dibakar setiap harinya lebih banyak dibanding dengan jumlah asupannya. Sehingga, Anda tidak lagi membutuhkan cemilan di sela-sela waktu makan.

2. Lakukan HIT

HIT atau lebih dikenal dengan pelatihan interval intensitas tinggi ini merupakan olahraga yang akan membuat Anda mengeluarkan energi penuh dalam waktu singkat dengan selingat istirahat yang aktif untuk proses pemulihan.

Untuk melakukannya, Anda bisa berjalan selama 3 menit, kemudian berlari sebentar dan berjalan kembali sambil mengatur nafas. 3 menit kemudian lari lagi sebentar dan atur nafas lagi. Anda bisa melakukannya terus menerus selama 20-50 menit.

3. Olahraga 30 menit sehari

Selain melakukan HIT, tips menurunkan berat badan lainnya yaitu olahraga. Tentu saja olahraga sangat diperlukan untuk membantu membakar lemak di tubuh. Anda bisa mulai dengan latihan kardio selama 30 menit, dan atau latihan kekuatan.

4. Minum 1,8 liter air

Ini yang paling sering dilupakan, yaitu rajin minum air putih setiap harinya. Biasanya yang menjadi sorotan hanyalah mengurangi kalori dan berolahraga. Padahal, minum air putih juga sama pentingnya. Anda dianjurkan untuk minum air sebanyak 1,8 liter setiap harinya.

Lundgren menggambarkan bahwa air merupakan sebagai pembilas internal yang akan membantu membersihkan tubuh Anda dari limbah atau penumpukan dalam tubuh yang tidak diperlukan. Itu sebabnya, minum juga menjadi poin penting dalam proses menurunkan berat badan.

5. Tidur yang cukup

Tips menurunkan berat badan berikutnya yaitu tidur yang cukup. Jika Anda punya keinginan yang kuat untuk menurunkan berat badan, mulai sekarang atur pola tidur Anda. Kurangi bermain gadget atau aktivitas lainnya di malam hari dan lekaslah tidur.

Tidur akan menjaga tubuh Anda agar tetap fit. Karena, saat Anda tidur seluruh otot-otot dalam tubuh yang telah digunakan beraktifitas seharian akan memulihkan dirinya. Sehingga besok Anda siap beraktifitas kembali dan melanjutkan proses menurunkan berat badan Anda.

6. Pilih makanan non olahan

Yang dimaksud dari memilih makan non olahan yaitu dengan lebih memilih makanan-makanan utuh seperti buah-buahan, sayuran, daging, seafood, dan jenis makanan utuh lainnya. Makanan yang utuh masih memiliki nutrisi yang utuh, sehingga sangat baik untuk menemani proses diet Anda.

7. Makan lemak sehat

Siapa bilang saat diet tubuh tidak boleh mengonsumsi lemak? Tentu saja pernyataan itu kurang tepat. Sekalipun sedang diet, tubuh tetap memerlukan asupan lemak sebagai cadangan energi dalam tubuh. Namun, lemak yang dikonsumsi dianjurkan adalah lemak sehat.

Dalam setiap porsi makan, Anda dapat mengonsumsi lemak sehat, dan mengurangi kadar karbohidrat. Sehingga tubuh Anda tidak akan terasa lemas kekurangan energi karena ada lemak sehat yang menjadi sumber energi untuk Anda.

8. Puasa Intermiten

Puasa intermiten yaitu segera menyelesaikan makan terakhir paling tidak selambat-lambatnya pada pukul 8 malam. Kemudian Anda berpuasa hingga siang berikutnya. Dalam waktu 16 jam ini, tubuh Anda akan memproses semua yang ada dalam saluran pencernaan dengan lemak cadangan sebagai energinya.

Menurut Patrick, cara yang satu ini merupakan sebuah cara yang bagus untuk membakar kalori dan menyehatkan sistem pencernaan. Teknik puasa intermiten ini dapat membuat tubuh terbiasa untuk menggunakan lemak cadangan dalam tubuh untuk diolah menjadi energy.

9. Mengonsumsi makanan berserat

Dalam sebuah penelitian disebutkan jika seseorang mengonsumsi 30 gram serat setiap harinya, makan dapat membantu menurunkan berat badan dengan lebih cepat. Selain itu, kebiasaan seperti ini juga dapat membantu menurunkan tekanan darah dan meningkatkan respons tubuh terhadap insulin.

Saat mencerna makanan berserat, tubuh membutuhkan lebih banyak energi dari pada mencerna makanan karbohidrat olahan. Mengonsumsi makanan yang tinggi serat juga dapat membuat rasa kenyang lebih lama. Contoh makanan berserat tinggi seperti kacang polong, buncis, gandum, dan roti.

Dalam proses penurunan berat badan, satu hal yang harus dijaga yaitu konsistensi dalam melakukannya. Karena tips menurunkan berat badan ini baru akan efektif ketika Anda bersungguh-sungguh dan terus konsisten melakukannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.