Pengertian Qada dan Qadar

pengertian qada dan qadar

Tahukah kalian apa pengertian qada dan qadar, jika kalian belum tahu apa pengertian qada dan qadar, tenang saja kali ini Slimsblog akan berbagi pembahasan terkait dengan pengertian qada dan qadar. Yuk simak selengkapnya pada artikel bahasan berikut ini.

Beberapa Pengertian Qada dan Qadar

Qada adalah ketetapan yang telah ditentukan oleh Allah Swt bagi makhluk-Nya yang tidak dapat diubah atau tidak dapat ditunda .

Qadar adalah ketetapan yang telah ditentukan oleh Allah Swt terhadap semua makhluk-Nya yang dapat diubah dengan usaha manusia atau ikhtiar.

Qada bermakna kehendak Allah. Yang wujudnya sejak awal berkaitan dengan segala hal yang akan terjadi dari yang terkecil hingga terbesar. Sedangkan Qadar adalah perwujudan dari Allah yang mencakup hal-hal oleh qada. “Secara faktual, dalam kadar dan urutan tertentu, itulah yang dinamai takdir.

Qada dan qadar merupakan rukun iman keenam.

Ayat Alquran yang membahas qada terdapat pada Al Quran Surat Al-Hadid Ayat 22, yaitu

مَآ اَصَابَ مِنْ مُّصِيْبَةٍ فِى الْاَرْضِ وَلَا فِيْٓ اَنْفُسِكُمْ اِلَّا فِيْ كِتٰبٍ مِّنْ قَبْلِ اَنْ نَّبْرَاَهَا ۗاِنَّ ذٰلِكَ عَلَى اللّٰهِ يَسِيْرٌۖ

Terjemahan

“Setiap bencana yang menimpa di bumi dan yang menimpa dirimu sendiri, semuanya telah tertulis dalam Kitab (Lauh Mahfuzh) sebelum Kami mewujudkannya. Sungguh, yang demikian itu mudah bagi Allah.”

Sedangkan ayat Alquran yang membahas qadar terdapat pada Al Quran Surat Ar Ra’d Ayat 11, yaitu

لَهٗ مُعَقِّبٰتٌ مِّنۡۢ بَيۡنِ يَدَيۡهِ وَمِنۡ خَلۡفِهٖ يَحۡفَظُوۡنَهٗ مِنۡ اَمۡرِ اللّٰهِ‌ؕ اِنَّ اللّٰهَ لَا يُغَيِّرُ مَا بِقَوۡمٍ حَتّٰى يُغَيِّرُوۡا مَا بِاَنۡفُسِهِمۡ‌ؕ وَاِذَاۤ اَرَادَ اللّٰهُ بِقَوۡمٍ سُوۡۤءًا فَلَا مَرَدَّ لَهٗ‌ۚ وَمَا لَهُمۡ مِّنۡ دُوۡنِهٖ مِنۡ وَّالٍ

Terjemahan

“Baginya (manusia) ada malaikat-malaikat yang selalu menjaganya bergiliran, dari depan dan belakangnya. Mereka menjaganya atas perintah Allah. Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah keadaan suatu kaum sebelum mereka mengubah keadaan diri mereka sendiri. Dan apabila Allah menghendaki keburukan terhadap suatu kaum, maka tak ada yang dapat menolaknya dan tidak ada pelindung bagi mereka selain Dia.”
Nah demikian adalah pembahasan mengenai pengertian qada dan qadar, semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *