Cara Membuat Google Form Mudah dan Simpel

Jika kamu sedang mencari cara membuat google form maka tidak ada salahnya kamu berkunjung ke blog artikel ini. Karena kami akan berbagi cara membuat google form. Ingin tahu selengkapnya ? Yuk simak ulasan artikel berikut ini.

Google Form merupakan salah satu alat internet yang paling serbaguna. Banyak orang yang menggunakan google forms untuk mengumpulkan informasi dengan mudah. Informasi tersebut seperti informasi kontak, checkout, survey, atau direktori siswa. Dengan google forms kamu dapat membuatnya dengan mudah hanya beberapa menit saja.

Google memiliki aplikasi atau tools yang dapat membantu kamu dalam segala hal. Aplikasi google diantaranya yaitu Google Forms, Google Docs, Google Spreadsheet dan Google Slide. Kamu dapat menggunakan aplikasi tersebut untuk membantu pekerjaan kantor kamu menjadi lebih mudah.

Cara Membuat Google Form Dengan Mudah

Cara Membuat Google Form

Cara termudah untuk mulai cara membuat google form adalah langsung ke aplikasi Google. Buka link docs.google.com/forms lalu pilih template atau mulai dengan formulir kosong.

Ada juga tautan ke google forms melalui Docs, Spreadsheet atau slide. Dengan cara klik File – Baru – Formulir, untuk membuatnya kamu bisa memilih template yang tersedia. Ada 4 jenis formulir yaitu Informasi Kontak, Pendaftaran Acara, RSVP dan Undangan Pesta.

Opsi Bidang Google Form

cara membuat google forms

Google Formulir mencakup 12 jenis bidang: 9 jenis pertanyaan, bersama dengan bidang teks, foto, dan video. Cukup klik ikon + di bilah sisi kanan untuk menambahkan pertanyaan baru, atau klik ikon teks, foto, atau video untuk menambahkan media ke formulir mu.

Setiap bidang menyertakan tombol salin untuk menduplikasi bidang, untuk cara sederhana menambahkan pertanyaan serupa ke formulir mu. Cara membuat google form ini sangat mudah. Ada juga tombol hapus, opsi untuk membuat bidang yang diperlukan, dan menu dengan opsi tambahan di sisi kanan. Kamu dapat mengganti jenis pertanyaan kapan saja, namun perhatikan bahwa pengaturan bidang dan pertanyaan kamu akan diatur ulang jika kamu beralih dari pilihan ganda, kotak centang, atau menu ke salah satu jenis pertanyaan lainnya. Dan, untuk mengisi pertanyaan dengan cepat di bidang, cukup tekan enter untuk mulai menambahkan yang lain.

Tips: Jika tidak sengaja menghapus elemen formulir atau menambahkan satu elemen / banyak? Cukup tekan CMD+ Z atau Ctrl+ Z untuk membatalkan, seperti yang kamu lakukan di Ms. Words.

Berikut adalah yang ditawarkan pada setiap jenis bidang:

1. Judul dan Deskripsi 

Biasanya Judul dan deskripsi secara otomatis di tambahkan ke setiap formulir dan bidang. Biasanya deskripsi di sembunyikan secara default pada sebagian besar bidang. Kamu  dapat menambah blok judul tambahan di mana saja dengan tombol Tt . Kamu juga bisa mengosongkan judul dan deskripsi pada pertanyaan.

2. Jawaban Singkat

Bidang ini sangat cocok untuk menanyakan sedikit teks: nama, alamat email, nilai, dan banyak lagi. Kamu mendapatkan satu baris teks untuk menjawab pertanyaan, meskipun responden sebenarnya dapat memasukkan teks sebanyak yang mereka inginkan.

3. Paragraf 

Sama seperti bidang jawaban singkat, ini adalah bidang untuk teks panjang. Panjang dan ekspresi reguler adalah satu-satunya validasi data yang tersedia di sini, jadi gunakan hanya saat kamu menginginkan jawaban yang mendetail atau catatan yang lebih panjang dalam jawaban.

4. Pilihan Ganda

Pilihan ganda berfungsi untuk membuat daftar opsi dan meminta responden memilih satunya. Kamu bisa mengisi pertanyaan yang bersifat pilihan. Misal Jenis kelamin, riwayat pendidikan, agama dan sebagainya.

5. Kotak centang

Mirip dengan pilihan ganda, bidang ini memungkinkan kamu untuk mencantumkan jawaban dan meminta responden memilih sebanyak yang mereka inginkan. Ini juga mencakup validasi data untuk meminta responden memilih sejumlah opsi tertentu.

6. Dropdown

Kamu ingin semua opsi jawaban berada dalam menu? Bidang ini pilihannya. Bidang Ini hampir sama persis dengan bidang pilihan ganda dengan opsi yang berada di menu. Ini berguna untuk menjaga formulir kamu tetap kompak ketika ada banyak pilihan jawaban.

7. Skala Linear 

Bidang ini memiliki fungsi untuk memungkinkan responden memilih angka dalam rentang tertentu, skala linear memungkinkan kamu untuk mengatur skala dari angka 0 atau 1 hingga angka 2-10 dengan label untuk pilihan terendah dan tertinggi.

8. Kisi Pilihan Ganda

Ini mungkin bidang yang paling membingungkan, karena bidang ini ditampilkan dalam daftar, bukan di kisi karena akan ditampilkan kepada respnden. Pada dasarnya, kamu hanya menambahkan pertanyaan sebagai baris, dan opsinya sebagai kolom.

Kamu dapat memasukkan baris dan kolom sebanyak yang kamu inginkan, namun perhatikan bahwa responden harus menggulir ke kanan untuk melihat lebih dari 6 kolom di browser desktop atau hanya 3 kolom di ponsel.

Kamu mungkin ingin membiarkan pratinjau formulir tetap terbuka saat menyiapkan pertanyaan kisi, cukup klik ikon mata di kanan atas, dan segarkan halaman guna untuk melihat perubahan yang sudah kamu buat. Kisi pilihan ganda ini bisa digunakan untuk membuat soal secara online ataupun untuk keperluan survey penelitian.

9. Tanggal 

Kamu ngin menanyakan tanggal atau waktu tertentu kepada responden? mungkin untuk menjadwalkan acara atau mencatat aktivitas? Bidang tanggal merupakan pilihannya. Bidang ini dapat meminta tanggal, bulan dan tahun kepada responden.

Perhatikan juga bahwa format tanggal yang ditampilkan dalam format default untuk lokasi kamu. Jika Akun Google kamu disetel ke bahasa Inggris AS, tanggal akan diformat sebagai MM/DD/YYYY. Akun Indonesia, di sisi lain, akan menunjukkan tanggal sebagai DD/MM/YYYY. Responden akan melihat opsi tanggal dalam format tanggal lokal kamu , kecuali jika mereka masuk ke Akun Google mereka, jadi pastikan untuk mengingatnya saat membuat google form.

10. Video

Google Forms juga mendukung video YouTube, yang dapat kamu tambahkan melalui pencarian atau dengan menempelkan tautan link video.

11. Gambar

Google Forms memungkinkan kamu untuk mengunggah gambar, menyisipkan gambar dari tautan atau Google Drive, atau mengambil foto dari webcam kamu sendiri (selama kamu memasang Flash). Atau, kamu dapat mencari Google Gambar untuk foto, termasuk foto stok creative common license dan gambar dari LIFE yang dilisensikan untuk digunakan di dalam Google Drive.

Membuat Kuis Dengan Google Form

cara membuat google form

Cara membuat google form yang lain adalah dengan mode Kuis Google Formulir . Di dalam setelan formulir, kamu akan menemukan tab Kuis . Pilih Jadikan ini sebagai kuis , lalu pilih apakah akan menampilkan hasilnya segera setelah formulir dikirimkan atau nanti setelah kamu meninjau jawabannya. Jika kamu memilih yang terakhir, formulir kamu akan mengharuskan responden untuk masuk dengan akun Google mereka.

Kamu kemudian dapat memilih untuk menampilkan jawaban yang tidak terjawab dan jawaban yang benar, serta nilai untuk setiap opsi jika kamu mau.

Dengan mengaktifkannya, Kamu akan melihat tombol Kunci Jawaban baru di kiri bawah setiap pertanyaan. Klik, lalu pilih jawaban yang benar untuk pertanyaan tersebut. Kamu dapat secara opsional menambahkan umpan balik jawaban untuk jawaban yang benar dan salah, dengan tautan bagi responden untuk melihat info lebih lanjut jika kamu mau.

*Perhatikan bahwa kuis hanya berfungsi dengan pertanyaan Pilihan Ganda, Kotak Centang, dan Drop-Down.

Desainlah Google Forms Kamu

Kamu dapat mendesain google form kamu dengan mudah di bagian sesuaikan tema. Google form juga menyertakan warna header atau gambar, dengan warna aksen yang lebih terang sebagai latar belakangnya. Secara default, google form yang baru berwarna ungu, sedangkan formulir hasil desain sendiri sering kali menyertakan gambar.

Klik ikon palet warna di kanan atas untuk mengubah desain google form, jika hanya sedikit. Kamu dapat memilih dari 15 warna, masing-masing warna yang lebih gelap untuk tajuk dengan warna latar belakang.

Klik ikon foto untuk memilih foto atau gambar bergaya Google Doodle dari Library Google sebagai foto header formulir kamu. Atau, pilih salah satu foto kamu dari Google Drive atau unggah yang baru dan potong agar pas sesuai header formulir. Formulir kemudian akan secara otomatis memilih warna latar belakang yang cocok dengan foto yang kamu unggah.

*Catatan: Jika kamu menambahkan foto kamu sendiri sebagai tajuk, Google hanya akan menyimpan versi yang dipotong ke Drive.

Simpan Jawaban di Spreadsheet

Setelah kamu selesai membuat formulir, kamu tidak perlu melakukan apa pun untuk menyimpan jawaban responden di Google Form. Secara default, ini akan menyimpan setiap jawaban di tab Jawaban, menampilkan grafik ringkasan dan daftar jawaban. Tampilan respons individu menunjukkan formulir langsung beserta hasil dari masing-masing responden.

Kamu juga dapat menautkan formulir kamu ke Google Spreadsheet. Cukup klik ikon Sheets hijau di tab Responses atau klik Select Response Destination di menu, lalu buat spreadsheet baru atau pilih yang sudah ada untuk menyimpan jawabannya.

Nah itulah bagaimana cara membuat google form dari awal hingga akhir. Ketika kamu sudah mengetahui fungsi-fungsi yang ada di google form. Kamu dapat dengan mudah membuat google form dengan cepat. Jika kamu ingin membuat google form dengan excel cukup simpan jawaban ke format spreadsheet. Sekian dari Slimsblog, terimakasih untuk partisipasi membacanya. See you ❤😘

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *