7 Alasan Pentingnya Membuat Label Makanan

pentingnya membuat label makanan

Mungkin saat ini Anda bertanya-tanya mengapa membuat label makanan itu penting? Perlu disadari bahwa saat ini di pasaran terdapat banyak sekali produk yang beredar. Dalam satu bidang industri saja, Anda akan menemukan banyak pilihan produk dalam kategori yang sama.

Karena itu, Anda harus berpikir keras bagaimana caranya agar produk Anda bisa berbeda dari produk-produk tersebut saat ikut terjun di pasaran. Nah, di sinilah label makanan akan berfungsi.

7 Alasan Pentingnya Label Makanan

membuat label makanan

Alasan utama pentingnya label makanan untuk suatu produk ialah untuk mempermudah konsumen dalam menemukan produk yang mereka cari. Bukan hanya itu, masih ada 7 alasan penting lainnya mengenai pentingnya membuat label makanan. Apa saja?

Informasi Bahan-bahan Produk Makanan

Sebelum membeli produk makanan, sebagian konsumen sering membaca terlebih dahulu apa saja bahan makanan yang digunakan oleh produk tersebut. Cara yang paling mudah untuk menemukan informasi tersebut ialah dengan membaca informasi bahan-bahan yang biasanya akan tertera pada label kemasan produk.

Dari paparan tersebut, sudah cukup jelas mengapa Anda harus membuat label makanan. Pasalnya, ada beberapa orang yang alergi terhadap bahan makanan tertentu sehingga informasi mengenai detail bahan makanan yang digunakan ini sangat penting bagi konsumen.

Selain itu, pencantuman bahan produk yang digunakan juga bisa membantu konsumen untuk menentukan apakah produk tersebut sesuai dengan kebutuhannya atau tidak. Selain itu, informasi bahan makanan juga bisa menjadi nilai tambah untuk produk.

Intruksi Penyajian

Setelah mengetahui bahan apa saja yang digunakan dalam produk tersebut, pelanggan juga harus mengetahui bagaiman cara penyajian dari produk makanan tersebut. Informasi ini biasanya akan disematkan pada bagian belakang kemasan produk.

Sebaiknya, infromasi mengenai cara penyajian ini dibuat secara ringkas dan tidak bertele-tele. Hal ini bertujuan untuk membuat konsumen lebih paham mengenai informasi tersebut. Agar lebih jelas, Anda juga bisa menambahkan ilustrasi gambar pada setiap langkahnya.

Sebagai contoh, kita sering menemukan informasi yang satu ini pada kemasan mie instan atau minuman kemasan. Dengan adanya informasi tersebut, kita menjadi terbantu mengenai bagaimana cara penyajian yang benar dari produk tersebut.

Tanggal Kadaluwarsa

Alasan lainnya mengapa stiker label makanan itu penting ialah karena di sana akan tersemat tanggal kadaluwarsa. Informasi ini akan sering dicari oleh konsumen, terutama pada produk makanan. Karena itu, sebaiknya informasi ini disimpan pada bagian yang mudah ditemukan oleh konsumen.

Biasanya, tanggal kadaluwarsa akan disematkan menggunakan stiker tambahan. Jika masa pakai produk makanan tersebut cukup lama, pastikan tinta yang digunakan tidak mudah pudar sehingga informasi tanggal kadaluwarsa tersebut bisa bertahan lama.

Informasi Diskon

Diskon merupakan salah satu informasi yang tidak kalah penting disematkan pada label makanan. Itulah mengapa, label makanan itu memiliki peran penting pada produk. Informasi diskon bisa Anda cantumkan pada produk makanan menggunakan stiker label makanan.

Informasi diskon seperti ini bisa menarik perhatian konsumen agar memburu produk Anda. Pilihlah warna background stiker dengan warna yang mencolok agar informasi tersebut lebih mudah ditangkap oleh mata. Selain menggunakan stiker, Anda juga bisa memberikan diskon dengan bentuk lain seperti sleeve atau menempelkan kupon.

Peringatan

Perlu Anda ketahui jika ada beberapa makanan yang tidak dapat dikonsumsi oleh semua usia. Karena itu, membuat label makanan itu sangat penting agar Anda dapat memberikan peringatan pada konsumen melalui label tersebut.

Sebagai contoh, produk susu. Meskipun produk susu itu baik untuk anak, tapi tidak semua produk susu itu cocok untuk anak. Beberapa produk susu memiliki batasan usia tertentu atas siapa saja yang bisa mengonsumsinya.

Pemberian peringatan pada label makanan ini menjadi suatu tanggung jawab dari produsen. Anda harus memastikan jika produk dikonsumsi oleh orang yang tepat dengan takaran yang tepat.

Informasi Perusahaan Pembuat Produk

Label makanan biasanya akan memuat informasi perusahaan yang memproduksi produk makanan tersebut. Informasi ini sangat penting disampaikan pada konsumen untuk menambah rasa percaya mereka terhadap produk Anda.

Selain menambah rasa percaya, adanya informasi perusahaan ini juga bisa membantu pedagang grosir untuk menemukan perusahaan Anda. Biasanya informasi perusahaan yang akan disematkan pada produk ialah nama perusahaan, kota, dan alamat website.

Untuk produsen yang sudah berskala besar, biasanya mereka juga akan mencantumkan nomor layanan pelanggan sebagai salah satu bentuk pelayanan purnajual untuk para konsumennya.

Informasi Penting Lainnya

Selain beberapa informasi di atas, Anda juga bisa menambahkan beberapa informasi lainnya yang berkaitan dengan produk makanan tersebut. Misalnya, Anda bisa mencantumkan informasi ‘100% organik’ jika produk tersebut merupakan produk organik.

Informasi lainnya yang dapat Anda sematkan pada stiker label makanan ialah label halal, sertifikat ISO, atau bahkan sertifikat food grade yang bisa memberikan nilai tambah untuk produk Anda di mata konsumen. Anda juga bisa menambahkan informasi sosial media yang sepertinya sangat diperlukan di era serba modern ini.

Itulah beberapa alasan mengapa penting untuk membuat label makanan pada produk. Jika Anda tertarik untuk membuatnya, pesan saja di Infinity Label! Anda bisa mendapatkan berbagai stiker label makanan dengan pilihan paket yang menarik. Sebagai pusat cetak stiker bekasi, Infinity Label menyediakan berbagai layanan cetak stiker yang berkualitas lho.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *