Indeks

Mengenal Apa Itu Asuransi Jiwa

Asuransi Jiwa Merupakan

Pernahkah anda mengenal kata asuransi? Asuransi adalah suatu perjanjian. Dalam hal ini penanggung mengikatkan diri kepada seorang tertanggung dan menerima sebuah premi yang berguna untuk memberikan sebuah penggantian. Penggantian ini diberikan jika ada sebuah kerusakan, kehilangan keuntungan yang diharapkan, ataupun kerugian yang bisa saja terjadi karena adanya peristiwa tertentu. Bentuk asuransi yang perlu dimiliki ialah asuransi jiwa. Lalu, apakah fungsi asuransi jiwa serta apa saja ragam jenis asuransi jiwa? Yuk, simak ulasannya dalam artikel berikut!

Fungsi Asuransi Jiwa

Adapun fungsi dari asuransi ialah untuk menjamin keamanan masyarakat. Masyarakat yang membeli asuransi jiwa ini diharapkan akan memiliki rasa aman, tenang dan tentram terutama bagi kepala keluarga karena ini bisa menjamin keamanan keturunan. Sebelum membeli asuransi, tentu anda harus mengenal terlebih dahulu tentang jenis-jenis asuransi. Setiap jenis asuransi memiliki perbedaan baik dari segi fungsi ataupun syarat.

Jenis-Jenis Asuransi

Berikut adalah jenis-jenis asuransi jiwa yang perlu anda ketahui:

Asuransi Jiwa Berjangka

Jenis asuransi jiwa pertama yang perlu anda ketahui adalah asuransi jiwa berjangka atau yang biasa kita kenal dengan term life insurance. Fungsi dari jenis asuransi ini ialah untuk memberikan sebuah proteksi pada yang tertanggung hanya dalam jangka waktu tertentu. Biasanya jenis asuransi ini menggunakan jangka kontrak mulai dari 5 tahun, 10 tahun hingga 20 tahun. Premi yang digunakan pun terhitung tetap dan murah. Bagi anda yang mengutamakan masa depan keluarga terutama pada pendidikan anak tentu jenis asuransi ini adalah jenis asuransi yang paling direkomendasikan. Bagi anda yang memiliki kebutuhan biaya asuransi besar dengan kemampuan keuangan terbatas, anda bisa menggunakan jenis asuransi ini.

Jenis Asuransi Jiwa Seumur Hidup

Selanjutnya adalah jenis asuransi jiwa seumur hidup yang sering dikenal sebagai whole life insurance. Fungsi jenis asuransi ini ialah untuk memberikan sebuah perlindungan seumur hidup atau dalam sebuah perusahaan asuransi biasanya terdapat batasan manfaat perlindungan yaitu hanya sampai umur 100 tahun saja. Jika anda tidak memiliki tanggungan serta memiliki keinginan berupa manfaat yang lebih dari santunan kematian, maka anda bisa menggunakan jenis asuransi ini. Anda yang ingin memiliki tabungan jangka panjang juga bisa memilih jenis asuransi ini loh.

Kesimpulannya, bagi anda yang menginginkan perlindungan jiwa dimana bisa sekaligus memiliki tabungan untuk kebutuhan mendadak atau darurat (contoh untuk bayaran rumah sakit) maka kamu bisa memilih jenis asuransi ini.

Asuransi Jiwa Dwiguna

Jenis asuransi jiwa berikutnya yang perlu untuk anda ketahui adalah asuransi jiwa dwiguna. Asuransi jenis ini memiliki dua manfaat yaitu sebagai tabungan serta sebagai asuransi jiwa berjangka. Dalam hal ini anda yang menjadi pemegang polis bisa memiliki nilai tunai dari sebuah premi asuransi yang anda bayarkan. Bentuk dari nilai tunai tersebut adalah uang pertanggungan apabila yang tertanggung meninggal dunia di periode atau jangka waktu tertentu sesuai dengan kebijakan polis asuransi yang bersangkutan. Anda juga bisa menarik polis asuransi dalam waktu-waktu tertentu bahkan sebelum masa kontrak dari asuransi tersebut berakhir.

Bentuk atau jenis asuransi jiwa yang satu ini sangat direkomendasikan untuk anda yang ingin memiliki keamanan atau kepastian terkait ketersediaan dana pendidikan anak anda. Anda juga bisa memanfaatkan jenis asuransi ini jika ingin memiliki dana untuk kebutuhan tak terduga serta dana pensiun yang lebih besar.

Jenis Asuransi Jiwa Unit Link

Adapun asuransi jiwa jenis unit link merupakan jenis asuransi yang menggabungkan dua manfaat yaitu asuransi dan investasi. Jenis asuransi ini bisa dikatakan sebagai jenis asuransi yang paling sering ditawarkan oleh agen asuransi. Apabila anda memiliki ketertarikan terhadap investasi akan tetapi anda tidak begitu paham dengan investasi maka anda bisa memilih jenis asuransi jiwa yang satu ini.

Itulah ulasan mengenai apa itu asuransi jiwa yang harus anda ketahui sebelum memutuskan membeli asuransi. Jadi, tunggu apa lagi? Tentukan asuransi jiwa yang sesuai dengan kebutuhanmu sekarang juga.

Exit mobile version