Indeks

6 Cara Membuat Boba Sendiri Termudah dan Termurah

cara membuat boba

Hallo Bunda, siapa yang memiliki anak remaja dan gemar minum boba? Boba yang di jual di luaran sana memiliki banyak sekali varian. Harganya pun cukup beragam mulai dari harga kaki lima hingga harga bintang lima. Namun, apakah anda yakin bahwa boba atau buble yang di jual memiliki kehigenisan yang tinggi dan sehat? Pernahkah anda berfikir bagaimana cara membuat boba sendiri di rumah? Yuk, simak ulasan berikut Bunda. Jangan lupa untuk mempraktikkannya di rumah ya Bunda!

Mengenal Apa Itu Boba

Boba atau buble adalah salah satu makanan yang menjadi topping pada minuman atau dessert kekinian. Keberadaan buble ini mulai hits di Indonesia sejak tahun 2016. Hingga saat ini sudah banyak sekali bisnis minuman yang mengandalkan keberadaan si boba agar menarik konsumen. Sebenarnya buble sangat mudah di buat loh Bunda. Anda hanya membutuhkan tepung tapioka serta air. Bahkan ada pula yang menggunakan jelly. Daripada terus penasaran, yuk langsung praktik saja di rumah!

Cara Membuat Boba Tanpa Gula

Bahan-bahan

  1. Tepung tapioka 60 hingga 70 gram
  2. Air mendidih sebanyak 60 ml
  3. Pewarna makanan (opsional)

Langkah Pembuatan

  1. Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah menyiapkan mangkuk yang tahan panas. Kemudian masukkanlah tepung tapioka serta air yang mendidih. Aduklah hingga adonan buble merata kemudian tutup adonan menggunakan kain yang lembab agar tidak mengering.
  2. Apabila ingin menggunakan pewarna makanan, berikan sedikit pewarna atau sesuai selera pada langkah di atas dan aduklah hingga warnanya merata.
  3. Kemudian anda bisa mengambil sekitar 1/8 sendok teh atau sesuai selera. Bentuklah bulat-bulat seperti bentuk buble pada umumnya.
  4. Selanjutnya anda bisa menyiapkan loyang yang sudah dialasi dengan kertas roti. Taruh buble di atas loyang tersebut dan biarkan mongering selama 2 jam.
  5. Kemudian siapkan paci, berilah air dan didihkan air tersebut. Setelah mendidih anda bisa memasukkan buble yang sudah kering tersebut. Tanda buble sudah matang adalah mengapungnya si buble ini. Jika sudah mengapung biarkan ia tetap disana dan rebuslah hingga 15 atau 20 menit. Kemudian angkatlah kompor dan tiriskan.
  6. Jika sudah, maka buble sudah matang dan siap di gunakan untuk membuat minuman dingin ataupun dessert kekinian.

Baca Juga : Cara Membuat Bakso

Cara Membuat Boba Dengan Gula

Resep pembuatan boba memang sangat beragam. Ada yang menggunakan gula dan ada juga yang tidak menggunakan gula. Jika resep di atas sudah tidak menggunakan gula, maka resep berikut adalah cara membuat boba dengan menggunakan gula. Yuk, langsung simak ulasannya!

Bahan-bahan

  1. Air 130 ml
  2. Gula merah untuk pewarna buble 80 gram
  3. Tepung tapioka atau tepung sagu 200 gram

Langkah Pembuatan 

  1. Langkah pertama untuk membuat buble adalah dengan memanaskan air pada panci
  2. Kemudian masukkanlah gula merah dan tungulah hingga gulanya melarut secara menyeluruh. Fungsi dari gula merah ini adalah untuk memberi warna. Sehingga jika anda menginginkan warna lain anda bisa menggunakan pasta pandan atau pewarna lainnya sesuai selera.
  3. Selanjutnya matikanlah api kompor anda terlebih dahulu dan masukkanlah tepung tapioka. Sembari di tuangkan anda juga harus mengaduknya hingga tercampur merata.
  4. Jika adonan sudah merata pindahkanlah pada telenan. Uleni adonan hingga lembut dan tercampur merata.
  5. Ambillah sedikit dari adonan dan bentuklah memanjang. Kemudian potong dengan ukuran kecil dan bentuklah menjadi bulat.
  6. Apabila sudah, selanjutnya anda bisa menyisihkannya pada tempat lain dan berikanlah sedikit tepung tapioka agar adonan tidak lengket satu sama lain.
  7. Jika buble sudah terkena tepung semua maka ayaklah boba untuk menghilangkan tepung yang tidak terpakai atau tidak menempel
  8. Panaskan air yang cukup karena untuk merebus boba. Biarkan air mendidih terlebih dahulu. Kemudian masukkan buble hingga 10 atau 15 menit. Tanda bahwa boba sudah matang ialah buble sudah mengapung dan warnanya transparan.

Baca Juga : Cara Membuat Mie Ayam

Membuat Boba Dengan Jelly

Bagi bunda yang senang bereksperiman, pernahkah bunda berfikir bahwa boba terbuat dari tepung terigu? Atau bahkan bunda ingin membuat boba dari tepung terigu? Kami tidak menyarankan bunda untuk membuat buble dari tepung terigu. Karena tepung terigu serta tepung tapioka memiliki tekstur serta struktur yang berbeda. Setelah di masak, buble yang berasal dari tepung terigu tidak akan bisa kenyal seperti buble pada umumnya. Tekstur dan strukturnya akan mengeras bahkan seperti bakwan rebus. Bubble yang asli terbuat dari tepung tapioka yang berbentuk bulat. Ukurannya sangat bervariasi sesuai dengan selera masing-masing.

Dibandingkan harus membuat boba dari tepung terigu yang tidak enak, lebih baik bunda membuat buble dengan bahan jelly cokelat. Selain hanya memanfaatkan tapioka, membuat buble bisa juga anda lakukan dengan menggunakan jelly loh. Kalau Bunda sudah bosan dengan buble biasa, jangan lupa untuk menggunakan cara ini ya Bunda.

Bahan-bahan

  1. Tepung Tapioka 10 sdm
  2. Jelly rasa cokelat atau sesuai selera 1 bungkus
  3. Air panas 120 hingga 150 air

Langkah Pembuatan

  1. Pertama anda bisa mencampurkan tepung tapioka serta jelly pada mangkuk
  2. Kemudian aduklah hingga merata
  3. Selanjutnya anda bisa menuangkan air panas dan aduk hingga tercampur merata
  4. Jika adonan sudah tercampur dan bisa dibentuk, bentuklah hingga adonan menjadi bulatan-bulatan kecil
  5. Anda bisa memanfaatkan tepung tapioka untuk melumuri buble agar bubletidak saling menempel satu sama lain
  6. Selanjutnya memasuki proses pemasakan, rebuslah boba hingga matang. Tanda kematangannya ialah dengan mengapungnya buble serta warnanya yang berubah transparan.

Itulah langkah-langkah pembuatan buble yang bisa bunda lakukan. Untuk membuat boba mutiara yang berbahan dasar jelly sebenarnya ada cara yang lebih mudah. Caranya adalah dengan menggunakan mesin buble. Dengan menggunakan mesin buble ini maka bunda hanya perlu membuat adonan buble dan memasukkannya pada mesin buble hingga pembuatannya selesai. Namun, jika bunda hanya membuat buble untuk keluarga maka lebih baik menggunakan manual saja supaya lebih hemat biaya. Kecuali resep ini untuk dijual kembali, maka harus lebih mahal mengingat harga mesin yang digunakan.

Baca Juga : Cara Membuat Seblak

Resep Minuman Boba

Jika di atas kita sudah mencantumkan bagaimana membuat buble, maka kali ini kita akan membahas tentang cara membuat minuman menggunakan boba. bublesendiri adalah salah satu komponen yang wajib ada untuk membuat buble tea, thai tea dan berbagai minuman kekinian lainnya. Terutama untu buble tea akan sangat aneh jika tidak menggunakan boba. Nah, apabila Bunda sudah membuat buble sendiri di rumah maka selanjutnya bunda bisa membuat minuman utamanya. Minuman ini sangat mudah untuk di buat, yuk simak resep berikut dan jangan lupa untuk di hidangkan bersama keluarga ya Bunda.

Boba Brown Sugar

Pernahkah anda mengenal minuman yang satu ini? Boba brown sugar adalah minuman yang cukup terkenal dan hits di tahun 2017-an. Menjadi salah satu minuman yang memiliki ciri khas dengan adanya buble dan gula aren. Gula aren yang memiliki warna kecoklatan mungkin menjadi dasar pemberian nama minuman ini yaitu Boba Brown Sugar. Berikut adalah resep membuat minuman Boba Brown Sugar:

Bahan – Bahan 

  1. Buble yang sudah matang
  2. Gula palem secukupnya
  3. Gula aren secukupnya
  4. Es batu
  5. Susu segar

Cara Membuatnya

  1. Pertama anda masukkan buble ke dalam paci
  2. Kemudian tambahkanlah gula palem secukupnya dan tunggulah hingga gulanya larut
  3. Tuangkanlah buble serta sedikit larutan gula aren dalam gelas yang akan digunakan
  4. Tambahkan pula es batu serta susu segar secukupnya serta sesuai selera
  5. Kemudian aduklah merata dan Boba Brown Sugar siap dinikmati

Baca Juga : Rekomendasi Film Netflix

Banana Milk Boba

Resep selanjutnya adalah cara membuat boba banana milk yang juga cukup banyak di gemari. Bagi pecinta pisang ini bisa jadi minuman favorit loh. Selain enak dan nikmat, banakna milk boba ini juga sehat karena dibuat dengan susu dan buah pisang asli. Sehingga vitamin dan kalsium pada pisang juga bisa masuk ke dalam tubuh. Simak resep berikut yang bunda:

  1. Siapkan satu buah pisang dan susu rasa pisang. Blender kedua bahan tersebut jadi satu hingga halus.
  2. Sembari menunggu halus, bunda bisa menyiapkan gelas saji dan menuangkan buble pada gelas tersebut.
  3. Masukkan pula es batu pada gelas saji.
  4. Selanjutnya tuangkanlah campuran pisang serta susu ke dalam gelas
  5. Berikan susu coklat di atasnya dan potongan pisang pada gelas untuk menambah keindahannya.
  6. Banana milk boba siap dihidangkan

Matcha Boba

Cara membuat boba selanjutnya yaitu Matcha Boba. Minuman matcha ternyata memiliki penggemar yang cukup banyak di Indonesia. Meski rasanya ada sedikit rasa pahit, nyatanya matcha bisa mengembalikan mood penikmatnya sama seperti cokelat. Mengonsumsi dan menghirup bau matcha bisa membuat seseorang merasa rileks dan tenang. Apakah bunda ingin minum buble dengan nuansa yang rileks bersama keluarga di sore hari? Sajikan saja si matcha boba ini. Berikut resep yang bisa bunda pakai:

  1. Pertama anda siapkan dulu bahan-bahannya ya. Bahan yang diperlukan adalah bubuk matcha, susu hangat, susu dengan suhu ruang, buble dan es batu.
  2. Selanjutnya masukkanlah bubuk matcha instan tinggal seduh ke dalam gelas.
  3. Kemudian tambahkanlah dengan es batu dan tuangkan susu secukupnya.
  4. Selanjutnya anda bisa menambahkan buble sebagai toppingnya.
  5. Sajikan selagi dingin ya Bunda. Nikmati bersama keluarga.

Minuman yang mengandung buble sebenarnya tidak boleh di konsumsi terlalu sering meskipun sangat menyegarkan. Hal ini dikarenakan kandungan gula yang terdapat didalamnya dirasa cukup banyak. Nah, inilah mengapa lebih baik bunda membuat buble sendiri di rumah mengingat dengan membuat sendiri maka bunda bisa menyesuaikan ukuran gula yang akan di gunakan. Selain itu, bahan-bahan atau komposisi yang digunakan pun bisa di kontrol sendiri.

Buble yang digunakan pada minuman lebih baik di gunakan setelah 4 jam dari proses pemasakan. Adapun tips menyimpan buble ini adalah pada wadah yang kedap udara dengan suhu ruang atau suhu kamar. Tutuplah dan lapisi buble seluruhnya dengan sirup masuk agar tidak lengket satu dengan yang lainnya. Sangat tidak disarankan menyimpan boba di lemari es karena boba bisa semakin mengeras. Selain suhu, penyebab buble mengeras adalah kurang matangnya pemasakan boba. Biasanya boba akan lembek jika dibiarkan selama 4 jam. Maka dari itu lebih baik di konsumsi setelah 4 jam pemasakan.

Itulah informasi seputar cara membuat boba dan minuman boba yang bisa kami sampaikan. Jangan lupa untuk praktik di rumah bersama keluarga ya Bunda. Ibu dan Bunda adalah pahlawan pertama kehigenisan asupan dari anggota keluarga. Selalu jaga kesehatan ya Bunda!

 

Exit mobile version